Dunia Harus Waspada dengan Pandemi Baru! Wabah Penyakit Pernafasan di China Makin Mengerikan

Minggu, 26 November 2023 - 16:25 WIB
loading...
Dunia Harus Waspada dengan Pandemi Baru! Wabah Penyakit Pernafasan di China Makin Mengerikan
Wabah pernafasan di China makin mengkhawatirkan dan memicu ketakutan akan munculnya pandemi baru. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - Kementerian Kesehatan China mendesak pemerintah setempat untuk meningkatkan jumlah klinik demam ketika negara tersebut bergulat dengan lonjakan penyakit pernapasan pada musim dingin pertama sejak pelonggaran pembatasan COVID-19.

Lonjakan ini menjadi masalah global minggu lalu ketika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta informasi lebih lanjut kepada China, mengutip laporan mengenai kelompok pneumonia yang tidak terdiagnosis pada anak-anak oleh Program Pemantauan Penyakit Berkembang (Programme for Monitoring Emerging Diseases).

China dan WHO menghadapi pertanyaan tentang transparansi pelaporan pada awal pandemi ini, yang muncul di kota Wuhan di China tengah pada akhir tahun 2019. WHO mengatakan pada hari Jumat bahwa tidak ada patogen baru atau tidak biasa yang ditemukan dalam penyakit-penyakit baru-baru ini.



Juru bicara Komisi Kesehatan Nasional Mi Feng mengatakan pada hari Minggu bahwa lonjakan penyakit pernapasan akut terkait dengan peredaran beberapa jenis patogen secara bersamaan, yang paling menonjol adalah influenza.

“Upaya harus dilakukan untuk meningkatkan jumlah klinik dan area perawatan yang relevan, memperpanjang jam layanan secara tepat dan memperkuat jaminan pasokan obat-obatan,” kata Mi dalam konferensi pers, dilansir Reuters.

“Penting untuk melakukan pekerjaan yang baik dalam pencegahan dan pengendalian epidemi di tempat-tempat ramai seperti sekolah, lembaga penitipan anak dan panti jompo, dan untuk mengurangi arus orang dan kunjungan.”

Kasus di kalangan anak-anak tampak sangat tinggi di wilayah utara seperti Beijing dan provinsi Liaoning, di mana rumah sakit memperingatkan akan adanya waktu tunggu yang lama.

Dewan Negara, kabinet China, mengatakan pada hari Jumat bahwa influenza akan mencapai puncaknya pada musim dingin dan musim semi ini, sementara infeksi mycoplasma pneumoniae akan tetap tinggi di beberapa daerah. Laporan ini juga memperingatkan risiko kembalinya infeksi COVID.

“Semua daerah harus memperkuat pelaporan informasi mengenai penyakit menular untuk memastikan informasi dilaporkan secara tepat waktu dan akurat,” kata Dewan Negara dalam sebuah pernyataan.

Pada hari Kamis, WHO mengatakan data yang diberikan oleh China menunjukkan bahwa kasus-kasus baru-baru ini terkait dengan pencabutan pembatasan COVID 11 bulan yang lalu, bersamaan dengan peredaran patogen yang diketahui seperti mycoplasma pneumoniae, infeksi bakteri umum yang biasanya menyerang anak-anak, yang telah beredar sejak bulan Mei. .
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)