Kata Pakar, Ini 5 Cara Israel untuk Mengatasi Terowongan Maut Hamas

Sabtu, 25 November 2023 - 15:24 WIB
loading...
Kata Pakar, Ini 5 Cara Israel untuk Mengatasi Terowongan Maut Hamas
Pakar merinci 5 cara yang dapat digunakan Israel untuk mengatasi terowongan maut Hamas dalam perang di Gaza, Palestina. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi pasukan Israel selama operasi darat mereka di Gaza adalah jaringan besar terowongan bawah tanah yang digunakan oleh Hamas. Jaringan terowongan itu sarat dengan perangkap mematikan.

Dengan panjang ratusan kilometer dan kedalaman hingga 80 meter, sistem terowongan ini digunakan untuk berbagai alasan termasuk melakukan serangan, menyelundupkan barang, dan menyimpan senjata.

Namun benda-benda tersebut tidak mudah ditemukan, sering kali tersembunyi di bawah segala jenis bangunan. Jadi bagaimana Pasukan Pertahanan Israel (IDF) akan mengatasinya?



5 Cara Militer Israel Mengatasi Terowongan Maut Hamas


Pakar militer Chris Morris mengatakan kepada Sky News bahwa pasukan Israel memiliki lima opsi.


1. Mengirimkan Pasukan Khusus ke Bawah


Dia menjelaskan, meskipun Israel tidak mengetahui sepenuhnya jaringan terowongan tersebut, militer Zionis memiliki informasi yang cukup dan telah mengembangkan "unit militer khusus" yang dirancang khusus untuk menangani terowongan tersebut.

“Mereka diperlengkapi dengan sangat baik, mereka sangat terlatih. Mereka mempunyai tindakan penanggulangan psikologis, dan mereka menjalani tes untuk memastikan mereka cukup kuat secara mental, jika diperlukan, turun ke terowongan itu,” kata pengajar pendidikan militer tersebut.

Pertama, lanjut dia, IDF akan menurunkan kendaraan tak berawak untuk memeriksa jebakan dan mengumpulkan bukti kuat aktivitas di dalam terowongan.

Namun, menjatuhkan orang-orang tidak akan pernah menjadi pilihan yang lebih disukai dan Israel ingin menghindari “pertempuran terowongan dengan cara apa pun”.

Idealnya, pasukan Israel akan mencoba “menutup” terowongan tersebut.


2. Menghancurkan Pintu Masuk Terowongan


Morris mengatakan Israel dapat melakukan hal ini dengan melibas pintu masuk terowongan atau menjatuhkan bahan peledak.

“Ada sejumlah cara fisik yang berbeda dan sangat mendasar yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkannya, namun tantangannya adalah mengidentifikasinya,” katanya.

“Menutup terowongan saja akan memberikan dampak, tapi idealnya Anda ingin tahu apa yang ada di bawah sana,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)