Barcelona Putuskan Hubungan dengan Israel

Sabtu, 25 November 2023 - 11:28 WIB
loading...
Barcelona Putuskan Hubungan dengan Israel
Dewan kota Barcelona pada hari Jumat waktu setempat menyetujui deklarasi yang menangguhkan hubungan dengan Israel sampai ada gencatan senjata permanen di Gaza. Foto/Anadolu
A A A
BARCELONA - Dewan kota Barcelona pada hari Jumat waktu setempat menyetujui deklarasi yang menangguhkan hubungan dengan Israel sampai ada gencatan senjata permanen di Jalur Gaza dan negara tersebut menghormati hak-hak dasar rakyat Palestina.

Ini bukan pertama kalinya Barcelona memutuskan hubungan dengan Israel.

Pada bulan Februari 2023, Walikota Ada Colau saat itu menangguhkan hubungan kota tersebut dengan Israel dan perjanjian kota kembar dengan Tel Aviv.

Namun, selama pemilu musim panas ini, Colau kehilangan posisinya dari kandidat sosialis Jaume Collboni. Pada bulan September, ia memulihkan hubungan diplomatik dengan Israel dan perjanjian kota kembar dengan Tel Aviv.



Deklarasi hari Jumat ini diajukan oleh partai sayap kiri Barcelona en Comun yang dipimpin Colau dan didukung oleh Partai Sosialis pimpinan Collboni, serta partai separatis sayap kiri ERC.

Deklarasi tersebut mengutuk semua serangan terhadap penduduk sipil, baik yang dilakukan oleh Hamas maupun Israel, serta setiap hukuman kolektif apa pun, pemindahan paksa, penghancuran sistematis rumah-rumah dan infrastruktur sipil serta blokade energi, air, makanan, dan pasokan medis terhadap penduduk Jalur Gaza.

Menurut pernyataan yang disetujui Barcelona, hambatan utama bagi perdamaian jangka panjang adalah pendudukan dan kolonisasi wilayah Palestina, dan penyangkalan hak masyarakat seperti dilansir dari Anadolu, Sabtu (25/11/2023).

Anggota penting pemerintah nasional Spanyol lainnya, termasuk mantan menteri dan anggota parlemen saat ini Ione Belarra, telah menyerukan negara tersebut secara keseluruhan untuk juga memutuskan hubungan dengan pemerintahan Benjamin Netanyahu.

Keputusan Barcelon itu bukan posisi pemerintah Spanyol. Sebaliknya, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez melakukan perjalanan ke Israel dan Palestina untuk bertemu dengan rekan-rekannya pada hari Kamis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)