Tentara Israel Tangkap Direktur Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Jum'at, 24 November 2023 - 00:09 WIB
loading...
Tentara Israel Tangkap Direktur Rumah Sakit Al-Shifa Gaza
Tentara Israel telah menangkap direktur Rumah Sakit al-Shifa, kompleks medis terbesar di Jalur Gaza yang terkepung, Muhammad Abu Salmiya. Foto/The Strits Times
A A A
JALUR GAZA - Tentara Israel telah menangkap direktur Rumah Sakit al-Shifa, kompleks medis terbesar di Jalur Gaza yang terkepung.

"Direktur rumah sakit Muhammad Abu Salmiya ditahan untuk diinterogasi menyusul bukti yang menunjukkan bahwa Rumah Sakit Shifa, di bawah manajemen langsungnya, berfungsi sebagai pusat komando dan kendali Hamas," kata militer Israel dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Al Jazeera,Jumat(24/11/2023).

Pejabat kesehatan Palestina mengkonfirmasi penangkapan tersebut dan mengatakan seorang dokter lain dan dua perawat juga ditahan.



Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan pihaknya menginginkan penjelasan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ketika petugas medis sedang melakukan perjalanan dalam konvoi WHO bersama pasien ketika mereka dihentikan dan ditahan oleh pasukan Israel.

“Organisasi Kesehatan Dunia belum mengirimi kami laporan apa pun untuk menjelaskan situasinya termasuk jumlah dan nama mereka yang ditahan,” kata Ashraf al-Qudra, juru bicara kementerian kesehatan.

Dia mengatakan kementerian telah memutuskan untuk menghentikan koordinasi dengan WHO mengenai evakuasi sampai mereka mengirimkan laporan yang menjelaskan apa yang terjadi.

Dalam sebuah pernyataan, Hamas mengatakan pihaknya “mengecam keras” penangkapan Salmiya dan rekan-rekannya, serta menyerukan kepada Komite Palang Merah Internasional dan organisasi internasional lainnya untuk berupaya mewujudkan “pembebasan segera” mereka.



"Beberapa hari sebelum penangkapan, dua paramedis Palestina telah ditangkap oleh pasukan pendudukan Israel," kata Tareq Abu Azzoum dari Al Jazeera, melaporkan dari Gaza selatan pada hari Kamis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0684 seconds (0.1#10.140)