Tentara Israel Perlihatkan Terowongan di Bawah RS Al Shifa, Klaim Tempat Persembunyian Hamas

Kamis, 23 November 2023 - 05:30 WIB
loading...
Tentara Israel Perlihatkan Terowongan di Bawah RS Al Shifa, Klaim Tempat Persembunyian Hamas
Tentara Israel perlihatkan terowongan di bahwa RS Al Shifa, klaim tempat persembunyian Hamas. Foto/Reuters
A A A
JALUR GAZA - Tentara Israel menunjukkan terowongan yang diperkuat di samping Rumah Sakit Al Shifa di Jalur Gaza pada Rabu waktu setempat. Dalam terowongan itu terdapat kamar mandi, dapur, dan ruang pertemuan ber-AC yang dikatakan berfungsi sebagai pos komando pejuang Hamas.

Lubang terowongan, yang tingginya sekitar dua meter, dapat diakses melalui lubang terbuka di halaman kompleks rumah sakit, yang dulunya dipenuhi puluhan ribu warga sipil Palestina, yang diklaim tentara Israel berfungsi sebagai perisai manusia dari perang.

“Itulah cara mereka bertahan hidup karena mereka menggunakan rumah sakit sebagai perisai manusia yang melindungi mereka,” kata Kolonel Elad Tsuri, komandan brigade lapis baja Israel yang menemukan terowongan tersebut.

“Dan di sini mereka bisa tinggal lama. Ada kamar dengan AC di dalamnya,” imbuhnya seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (23/11/2023).

Israel telah lama menuduh Hamas menggunakan kompleks Rumah Sakit Al-Shifa sebagai pusat komando dan kendali sebagai bagian dari strategi yang lebih luas yang berupaya menyembunyikan pasukannya di antara penduduk sipil.



Hamas dan pejabat rumah sakit telah membantah tuduhan tersebut dan lokasi rumah sakit telah menjadi pusat tuduhan kejahatan perang di kedua belah pihak, dengan warga Palestina menuduh Israel menargetkan rumah sakit dan Israel mengatakan bahwa situs tersebut digunakan untuk melindungi pejuang bersenjata.

Para jurnalis diantar dengan kendaraan militer Israel ke kompleks rumah sakit di Jalur Gaza utara melewati bangunan-bangunan yang hancur atau dikosongkan selama invasi Israel yang sudah berlangsung hampir tujuh minggu di daerah kantong Palestina.

Dihiasi dengan lengkungan, terowongan ini merupakan struktur kokoh yang dilapisi dengan batu dan beton. Pengawal tentara menggunakan senter untuk menerangi jalan dalam kegelapan dan memperlihatkan dapur kecil, kamar mandi yang dilengkapi toilet dan wastafel di balik pintu tertutup, serta ruangan yang cukup besar untuk pertemuan dengan dua tempat tidur logam.

“Kami berasumsi ada jalan keluar lain yang mereka siapkan. Itu belum terbuka dan kami yakin ada jalan menuju kota dari sini,” kata Tsuri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)