Kapal Selam Coba Hubungi Kemenhan, Ada Harapan Kru Ditemukan

Senin, 20 November 2017 - 10:21 WIB
Kapal Selam Coba Hubungi Kemenhan, Ada Harapan Kru Ditemukan
Kapal Selam Coba Hubungi Kemenhan, Ada Harapan Kru Ditemukan
A A A
BUENOS AIRES - Kementerian Pertahanan (Kemhan) Argentina menyatakan kapal selam yang hilang tampaknya berupaya berkomunikasi melalui satelit. Perkembangan terbaru itu meningkatkan harapan bahwa 44 kru di kapal selam Argentina itu dapat ditemukan dalam kondisi hidup. Saat ini misi pencarian internasional sedang berlangsung di Atlantik Selatan yang sedang diterjang badai.

“Tujuh panggilan satelit yang diyakini dari kapal selam ARA San Juan terdeteksi yang menunjukkan kru berupaya menjalin kontak,” demikian pernyataan Kemhan Argentina, dikutip kantor berita Reuters.

Sinyal pada pagi dini hari dan siang itu berlangsung antara 4 dan 36 detik. Argentina sedang berupaya melacak lokasi kapal selam itu bersama perusahaan Amerika Serikat (AS) yang memiliki spesialisasi dalam komunikasi satelit.

“Komunikasi satelit itu diduga gagal karena cuaca buruk,” ungkap sumber dari Kemhan Argentina.

Belum jelas apakah jenis panggilan atau sinyal dari kapal selam itu. Kapal selam yang mengalami kerusakan di bawah laut dapat mengapungkan peralatan suar lokasi yang disebut EPIRB ke permukaan laut sehingga dapat mengirim sinyal darurat melalui satelit.

Angin kencang dan gelombang setinggi lebih dari 20 kaki di Atlantik Selatan menghalangi proses pencarian internasional terhadap kapal selam itu. Lokasi terakhir kapal selam buatan Jerman itu adalah 432 km dari pantai Argentina, pada Rabu (15/11/2017).

Angkatan Laut AS telah mengerahkan satu misi rescue laut dalam ke Argentina dari California untuk mendukung upaya pencarian tersebut.

AS memiliki kendaraan yang dapat dioperasikan dari jarak jauh dan dua kapal yang mampu menyelamatkan orang dari kapal selam yang kandas di bawah laut. Misi penyelamatan itu akan tiba ke lokasi pencarian dalam beberapa hari mendatang. Sejumlah negara, dari Cile hingga Afrika Selatan, menawarkan bantuan dalam proses pencarian tersebut.

Sejumlah kapal dan pesawat Argentina juga dikerahkan ke laut bagian selatan untuk mendukung upaya pencarian. Meski begitu, badai menghalangi jarak pandang dan pergerakan tim penyelamat dilokasi pencarian. Tidak hanya itu, warna dan desain kapal selam dibuat untuk tujuan kamuflase agar kapal selam itu sulit terlihat saat berada dipermukaan. (Syarifudin)

(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3644 seconds (0.1#10.140)