Pilot United Airlines Puji Hamas: Perlawanan Pemberani atas Puluhan Tahun Pendudukan Israel

Kamis, 23 November 2023 - 10:37 WIB
loading...
Pilot United Airlines Puji Hamas: Perlawanan Pemberani atas Puluhan Tahun Pendudukan Israel
Kota Ashkelon, Israel, kacau saat diserang roket Hamas pada 7 Oktober 2023. Seorang pilot United Airlines memuji serangan Hamas terhadap Israel. Foto/REUTERS
A A A
CHICAGO - Seorang pilot United Airlines, maskapai yang berbasis di Chicago, Amerika Serikat (AS), menyatakan pujiannya terhadap Hamas di tengah perangnya dengan Israel di Gaza, Palestina.

Pilot tersebut bernama Ibrahim R. Mossallam. Pujiannya itu merujuk pada serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan ratusan lainnya disandera.

Di AS dan negara-negara Barat lainnya, Hamas dilabeli sebagai organisasi teroris. Maka memuji Hamas, seperti yang dilakukan Mosallam, mendapat respons negatif yang luar biasa.



Namun, pilot itu memiliki pandangan lain terhadap kelompok perlawanan Palestina tersebut.

“Ini adalah perlawanan dari orang-orang pemberani yang telah mengalami puluhan tahun pendudukan, penindasan, penghinaan, apartheid, dan pembunuhan langsung. Ini bukan serangan yang tidak beralasan, tapi respons terhadap serangan rezim Zionis beberapa tahun terakhir,” tulis Mossallam dalam sebuah posting di Facebook.

Pembelaan pilot tersebut pada penderitaan rakyat Palestina di Gaza juga disampaikan dalam postingan lain sebelumnya.

“Lebih banyak bom yang dijatuhkan di Gaza dalam 6 hari dibandingkan yang dijatuhkan AS pada bulan mana pun! Gunakan akal sehat Anda, mereka mencoba membersihkan/mengapus masyarakat secara etis. Ini semua adalah ideologi Zionis dan sangat disengaja dan [Presiden Joe] Biden mendukungnya!" tulis Mossallam.

Tangkapan layar dari posting sang pilot yang berisi pujian pada Hamas dan pembelaan terhadap rakyat Palestina telah dibagikan akun @StopAntisemites dengan maksud agar dia ditindak.

Pihak United Airlines pun merespons dengan "menghukum" Mosallam.

“Pilot ini telah dikeluarkan dari layanan, dengan bayaran, sementara kami menyelidiki masalah ini,” kata United Airlines melalui juru bicaranya kepada Newsweek, yang dilansir Kamis (23/11/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)