Profil Ali Al Moshki, Jenderal Houthi Yaman yang Bajak Kapal Israel di Laut Merah

Rabu, 22 November 2023 - 17:01 WIB
loading...
Profil Ali Al Moshki, Jenderal Houthi Yaman yang Bajak Kapal Israel di Laut Merah
Helikopter Houthi menurunkan pasukan untuk menyita kapal kargo Galaxy Leader. Foto/X
A A A
SANAA - Ali Al Moshki adalah jenderal Houthi Yaman yang menjabat sebagai komandan Korps Marinir Houthi.

Dia lahir di Provinsi Saada, Yaman, pada tahun 1970. Al Moshki bergabung dengan Houthi pada tahun 1994, dan telah memegang berbagai posisi komando dalam organisasi tersebut.

Pada tanggal 21 November 2023, Al Moshki memimpin operasi pembajakan terhadap kapal kargo Israel yang berlayar di Laut Merah.

Kapal tersebut bernama Galaxy Leader. Pihak pengelola Galaxy Leader juga tidak memberikan penjelasan resmi soal kargo yang dibawa kapal tersebut saat disita Houthi.

Al Moshki mengatakan pembajakan tersebut dilakukan sebagai tanggapan atas serangan brutal Israel di Jalur Gaza yang hingga sekarang telah menewaskan lebih dari 14.000 warga Palestina.

Houthi mengatakan pembajakan tersebut dilakukan sebagai bentuk solidaritas mereka terhadap rakyat Palestina.

Pembajakan tersebut memicu kecaman internasional. Amerika Serikat, Israel, dan Uni Eropa menyerukan agar kapal tersebut segera dibebaskan.

Ali Al Moshki adalah sosok yang kontroversial. Dia dianggap sebagai salah satu pemimpin Houthi yang paling keras. Namun, dia juga merupakan tokoh yang populer di kalangan pendukung Houthi.



Pembajakan itu adalah operasi militer pertama yang dilakukan Houthi terhadap sasaran Israel. Operasi tersebut menunjukkan bahwa Houthi memiliki kemampuan menyerang sasaran di luar daratan Yaman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1481 seconds (0.1#10.140)