Ketua WHO Terkejut Israel Serang Rumah Sakit Indonesia di Gaza

Rabu, 22 November 2023 - 02:15 WIB
loading...
Ketua WHO Terkejut Israel Serang Rumah Sakit Indonesia di Gaza
Ketua Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus. Foto/anadolu
A A A
JENEWA - Ketua Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus “terkejut” dengan serangan terhadap Rumah Sakit Indonesia di Gaza.

“Serangan tersebut mengakibatkan 12 kematian, termasuk pasien, dan puluhan luka-luka, termasuk yang kritis dan mengancam jiwa,” ujar Tedros Adhanom Ghebreyesus di X pada Senin (20/11/2023).

“Petugas kesehatan dan warga sipil tidak boleh mengalami kengerian seperti itu, terutama saat berada di dalam rumah sakit,” desak Tedros.

Pada Minggu, Kementerian Dalam Negeri Palestina di Gaza mengkonfirmasi Israel telah mengebom puluhan pengungsi ketika mereka meninggalkan Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza utara, menewaskan dan melukai puluhan orang. Sejumlah dokter juga mengalami luka akibat penembakan tersebut.

Pasukan Israel mengepung Rumah Sakit Indonesia dengan puluhan kendaraan militer berat dan artileri yang berjarak kurang dari satu kilometer.



Penembak jitu Israel dikerahkan di atap rumah terdekat, mencegah ambulans mencapai rumah sakit untuk mengangkut korban luka.

Rumah Sakit Indonesia adalah satu-satunya rumah sakit yang berfungsi di Jalur Gaza bagian utara.

Serangan brutal rezim kolonial Israel telah menewaskan lebih dari 13.000 warga Palestina di Gaza. Belum ada sanksi internasional terhadap Israel atas kejahatan perang tersebut.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1015 seconds (0.1#10.140)