Gempa Magnitudo 6,7 SR Landa Pulau Mindanao Filipina, 1 Orang Tewas

Jum'at, 17 November 2023 - 21:51 WIB
loading...
Gempa Magnitudo 6,7 SR Landa Pulau Mindanao Filipina, 1 Orang Tewas
Gempa bumi berkekuatan 6,7 SR mengguncang pulau Mindanao Filipina pada Jumat (17/11/2023). Foto/Al Arabiya
A A A
MANILA - Gempa bumi berkekuatan 6,7 skala Richter melanda Filipina selatan pada hari Jumat (17/11/2023), menewaskan satu orang, melukai puluhan orang dan merusak bangunan.

Menurut Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ), gempa tersebut terjadi di pulau Mindanao pada kedalaman 60 kilometer.

Angel Dugaduga, seorang pejabat tanggap bencana di kota pesisir Glan dekat pusat gempa, mengatakan sedikitnya satu orang tewas dan 18 lainnya luka-luka berdasarkan laporan awal.

"Gedung kantor kotamadya dan gimnasium juga rusak akibat gempa dan listrik padam akibat gempa tersebut," tambah Dugaduga seperti dilansir dari Al Arabiya.



Gempa bumi sering terjadi di Filipina, yang terletak di “Cincin Api”, yaitu sabuk gunung berapi yang mengelilingi Samudra Pasifik dan rentan terhadap aktivitas seismik.

Badan seismologi Filipina, PHIVOLCS, dan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan tsunami diperkirakan tidak akan terjadi.

Amor Mio, kepala polisi kota terdekat Koronadal, mengatakan tidak ada laporan korban jiwa namun para pejabat sedang memeriksa sebuah pusat perbelanjaan yang dilaporkan rusak.

“Para karyawan diperintahkan dievakuasi demi keselamatan mereka. Menurut polisi setempat, kerusakannya cukup parah, namun kami belum bisa memastikan secara pasti seberapa besar kerusakannya,” kata Mio melalui telepon.

Direktur PHIVOLCS Teresito Bacolcol mengatakan kepada radio DZRH bahwa intensitas gempa merusak, jadi diperkirakan akan terjadi kerusakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)