Gara-gara Dennis Rodman, Dunia Salah Menyebut Nama Putri Kim Jong-un

Jum'at, 17 November 2023 - 20:58 WIB
loading...
Gara-gara Dennis Rodman, Dunia Salah Menyebut Nama Putri Kim Jong-un
Seorang mantan mata-mata Korea Selatan (Korsel) mengungkapkan bahwa nama asli dari putri Kim Jong-un bukanlah Kim Jo-ae. Foto/Reuters
A A A
SEOUL - Media The Korea Times melaporkan bahwa nama putri dari diktator Korea Utara (Korut) Kim Jong-un yang selama ini diketahui oleh dunia ternyata salah. Media Korea Selatan (Korsel) itu mengutip pernyataan seorang mantan mata-mata negara itu.

Mantan perwira intelijen Korsel, Choe Su Yong, mengatakan kepada outlet berita itu bahwa kemungkinan besar nama sebenarnya dari putri Kim Jong-un, yang dikenal sebagai Kim Ju-ae, adalah Kim Eun Ju.

Sosok yang pernah bekerja di divisi kontra-spionase selama 20 tahun di badan intelijen Korsel itu mengatakan bahwa nama Kim Ju-ae itu berasal dari mantan bintang NBA Dennis Rodman.

Rodman diketahui sudah beberapa kali mengunjungi Korut, dan mengaku memiliki persahabatan dekat dengan Kim Jong-un. Choe mengatakan bahwa dalam salah satu kunjungannya, legenda bola basket itu mengalami miskomunikasi dengan Kim mengenai nama gadis itu.

"Saya mendengar bahwa Kim memperkenalkan putrinya kepada Rodman selama kunjungannya ke Korea Utara, mengatakan dalam bahasa Korea bahwa 'jeo-ae' adalah putrinya. Rodman sepertinya salah memahami kata Korea 'jeo-ae' sebagai namanya," terang Choe kepada The Times, mengutip sumber di Korut, seperti dilansir dari Business Insider, Jumat (17/11/2023).



Menurut Choe, Kim Jong-un menggunakan kata 'jeo-ae', yang berarti 'gadis itu' dalam bahasa Korea, untuk merujuk kepada putrinya bukan nama dari gadis itu.

Rodman pada tahun 2013 mengatakan kepada The Guardian bahwa putri Kim Jong-un bernama Ju-ae, mengatakan bahwa dia mengunjungi Korut dan menggendong gadis itu ketika dia masih bayi.

Perwakilan Rodman tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Business Insider.

Kementerian Unifikasi Korsel, yang merupakan otoritas utama negara untuk menangani Korut, belum menanggapi permintaan komentar yang dikirimkan melalui email.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)