Serbu Jenin, Pasukan Israel Kepung Rumah Sakit Ibnu Sina

Jum'at, 17 November 2023 - 20:19 WIB
loading...
Serbu Jenin, Pasukan Israel Kepung Rumah Sakit Ibnu Sina
Pasukan Israel melancarkan serangan besar-besaran terhadap Jenin di Tepi Barat yang diduduki. Foto/Ilustrasi
A A A
TEPI BARAT - Pasukan Israel melancarkan serangan besar-besaran terhadap Jenin di Tepi Barat yang diduduki. Setidaknya tiga orang tewas dan sejumlah rumah sakit dikepung.

Serangan yang dilancarkan semalaman dan berlangsung hingga Jumat (17/11/2023) juga menyebabkan sedikitnya 14 orang lainnya terluka, menurut sumber-sumber Palestina. Serangan berakhir setelah beberapa jam.

Serangan pesawat tak berawak di kamp pengungsi Jenin menewaskan sedikitnya tiga orang, kata layanan ambulans Palestina, tetapi tentara Israel mengatakan lima orang tewas. Serangan udara menjadi lebih rutin di Tepi Barat seiring dengan berkecamuknya perang di Gaza.

Menurut laporan kantor berita resmi Palestina, Wafa, layanan darurat dicegah oleh pasukan Israel untuk menjangkau korban cedera, sehingga berpotensi membahayakan nyawa seperti dikutip dari Al Jazeera.

Israel mulai melancarkan serangan pada Kamis sekitar pukul 22.30 waktu setempat. Setidaknya 80 kendaraan tentara Israel masuk ke kota Jenin, menggerebek rumah-rumah warga Palestina dan menahan beberapa orang. Ada laporan mengenai bentrokan yang disertai kekerasan.

“Puluhan kendaraan lapis baja muncul, termasuk buldoser, merusak mobil, merusak jalan,” lapor jurnali Al Jazeera, Sara Khairat, dari Yerusalem Timur yang diduduki. Penggerebekan berlangsung sekitar delapan jam.



Setidaknya empat rumah sakit dikepung tentara Israel, termasuk Rumah Sakit Ibnu Sina.

“Pasukan Israel muncul di Rumah Sakit Ibnu Sina, salah satu rumah sakit terbesar di Tepi Barat yang diduduki. Mereka muncul dalam penggerebekan dan meminta staf medis untuk mengangkat tangan dan mengevakuasi rumah sakit,” kata Khairat.

Ia menambahkan sejumlah dokter dari rumah sakit menolak untuk mematuhi dan melakukan evakuasi; dua paramedis ditangkap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)