alexa snippet

Teka-teki Koksan, Senjata Super Korut yang Jadi Momok bagi Seoul

Teka-teki Koksan, Senjata Super Korut yang Jadi Momok bagi Seoul
M1978 Koksan, senapan super yang pernah dimiliki Korea Utara. Jika masih ada, senjata ini berpotensi merusak Seoul sebagai target terdekat. Foto/Mirror
A+ A-
SEOUL - Stok rudal balistik dan hulu ledak nuklir yang tak jelas adalah senjata yang paling ditakuti musuh Korea Utara (Korut) selama ini. Namun, negara komunis ini dilaporkan pernah memiliki senjata super bernama Koksan yang diklaim bisa menghantam Seoul dengan kekuatan dahsyat.

Koksan berwujud “senapan besar” self-propelled 170 milimeter yang bisa menjangkau target sejauh 37 mil.

Seoul, Ibu Kota Korea Selatan, merupakan wilayah terdekat yang bisa mengalami kerusakan masif jika senjata super itu ditembakkan dari perbatasan kedua negara.

Namun, asal-usul M1978 Koksan dan riwayatnya tetap menjadi misteri. Korut yang menjadi negara tertutup mustahil untuk mengungkap keberadaan senjata rahasianya itu.

Mengutip laporan The National Interest, Minggu (22/10/2017), Koksan adalah senjata jarak jauh dari paruh pertama abad ke-20. Senjata misterius ini pernah dimiliki sejumlah negara, namun telah dilenyapkan termasuk oleh Amerika Serikat karena “revolusi senjata” mulai tahun 1950-an.

M1978 Koksan pertama kali ditemukan oleh intelijen Barat pada tahun 1978. Senapan super ini pernah dipasang di tank tempur Type-59 China. Senjata itu diduga berasal dari produk senjata Jepang atau pecahan dari pengembangan artileri Jerman yang digunakan selama Perang Dunia Kedua.

Menurut laporan The Nastional Interest, Pyongyang pernah menjual beberapa senjata Koksan ke Iran selama Perang Iran-Irak. Senjata itu kerap terlihat dalam parade militer di Teheran.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top