Legislator Korut: Nuklir Dibutuhkan karena Ancaman AS

Senin, 16 Oktober 2017 - 03:12 WIB
Legislator Korut: Nuklir...
Legislator Korut: Nuklir Dibutuhkan karena Ancaman AS
A A A
ST PETERSBURG - Seorang pejabat tinggi Korea Utara (Korut) mengatakan bahwa pengembangan nuklir negara tersebut diperlukan karena ancaman yang diajukan oleh Amerika Serikat (AS). Ia juga berpendapat bahwa program nuklir tersebut untuk pencegahan.

Wakil ketua parlemen Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK), nama resmi Korut, Ahn Dong Chun memberikan komentar tersebut di sebuah majelis Inter-Parliamentary Union di St. Petersburg, Rusia.

"Negara kita terancam, keberadaan DPRK sudah dipertaruhkan," katanya, mengacu pada pernyataan Presiden Donald Trump di Majelis Umum PBB.

"Program nuklir kami adalah program pencegahan nuklir yang bertujuan untuk melindungi kemerdekaan kami, kami tidak punya pilihan selain mengembangkan program nuklir kita," tegasnya seperti dikutip dari ABC News, Senin (16/10/2017).

Uji coba nuklir Korut dan peluncuran rudal telah menimbulkan ketegangan global dan mendorong beberapa putaran sanksi internasional di Dewan Keamanan PBB.

Sebuah rencana de-eskalasi, yang didukung oleh Rusia dan China, akan meminta Korut menunda program rudal balistiknya dan Amerika Serikat serta Korsel secara bersamaan menyerukan moratorium latihan perang skala besar. Kedua gerakan tersebut bertujuan untuk membuka jalan bagi pembicaraan multilateral.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0905 seconds (0.1#10.140)