Sosok Amichai Eliyahu, Menteri Israel yang Serukan Gaza Dibom Nuklir

Selasa, 07 November 2023 - 14:09 WIB
loading...
Sosok Amichai Eliyahu, Menteri Israel yang Serukan Gaza Dibom Nuklir
Amichai Ben-Eliyahu, Menteri Warisan Budaya Israel yang serukan pengeboman nuklir terhadap Gaza, Palestina. Foto/Jerusalem Post
A A A
JAKARTA - Sosok Amichai Eliyahu sedang jadi sorotan dunia internasional setelah menyerukan militer Israel mengebom nuklir Gaza, Palestina, sebagai opsi untuk mengakhiri perang melawan Hamas.

Menteri Warisan Budaya Israel itu mengatakan bahwa menjatuhkan bom nuklir di Gaza bisa menjadi salah satu opsi yang bisa dipilih. Komentarnya telah menyulut kemarahan berbagai pihak.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menskors menterinya tersebut gara-gara komentarnya soal bom nuklir.



Profil Amichai Eliyahu


Amichai Ben-Eliyahu merupakan politisi dan aktivis Israel. Sejak 2022, dia menjabat sebagai Menteri Warisan Budaya Israel.

Mengutip Times of Israel, Selasa (7/11/2023), Eliyahu juga diketahui sebagai anggota partai sayap kanan Otzma Yehudit pimpinan Itamar Ben Gvir.

Eliyahu lahir di Yerusalem pada 1979. Dia dibesarkan di wilayah bernama Shlomi.

Eliyahu merupakan cucu dari Mordechai Eliyahu, seorang Kepala Rabi Israel Sephardi. Saat menjalani dinas militer, dia sempat bertugas di Brigade Pasukan Terjun Payung.

Eliyahu membuat pernyataan kontroversial terkait opsi pengeboman nuklir di Gaza meskipun dia bukan bagian dari kabinet perang dan tidak memiliki hak dalam pengambilan keputusan.

Ini bukan pertama kali dia memicu kontroversi. Sebelumnya, dia dikenal sebagai penentang solusi dua negara antara Palestina dan Israel.

Menurutnya, solusi dua negara hanyalah sebuah khayalan yang tidak akan bisa terealisasi. Selain itu, Eliyahu juga mendukung penuh aneksasi Israel terhadap Tepi Barat dan terus mendorong negaranya untuk memaksakan kedaulatan di wilayah lain.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)