Zelenksy: Konflik Israel-Gaza Alihkan Fokus Pertempuran Ukraina

Minggu, 05 November 2023 - 08:26 WIB
loading...
Zelenksy: Konflik Israel-Gaza...
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengkui jika perang Israel di Jalur Gaza telah menghilangkan fokus konflik di Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengkui jika perang Israel di Jalur Gaza telah menghilangkan fokus konflik di Ukraina. Menurutnya ini adalah “salah satu tujuan” Rusia, yang melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022.

Pernyataan Zelensky muncul beberapa hari setelah Panglima Ukraina, Jenderal Valery Zaluzhnyi dalam sebuah artikel mengatakan, konflik bergerak menuju tahap pertempuran statis dan gesekan, sebuah fase yang memungkinkan Moskow membangun kembali kekuatan militernya.

"Hari ini waktu telah berlalu dan masyarakat sudah lelah. Namun ini bukan jalan buntu," kata Zelenskiy dalam konferensi pers dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen yang sedang berkunjung.

“Rusia menguasai langit. Kami peduli dengan militer kami,” imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (5/11/2023).

Pasukan Ukraina mengalami kemajuan yang lambat melalui ladang ranjau Rusia yang luas dalam serangan balasan yang dimulai di timur dan selatan pada awal Juni, namun Rusia membalas dengan keras di timur.

Hal ini telah memicu kekhawatiran akan kelelahan akibat perang di antara sekutu-sekutu Barat di Kiev, dan muncul dugaan meningkatnya keengganan di beberapa negara untuk terus memberikan senjata dan dana canggih kepada Ukraina.



"Jelas bahwa perang di Timur Tengah mengalihkan fokus dari Ukraina," kata Zelensky.

Dia mengakui bahwa Rusia “mengendalikan langit” dan bahwa Ukraina sangat membutuhkan pesawat tempur F-16 buatan AS dan pertahanan anti-pesawat canggih untuk mengubah situasi.

Pemimpin Ukraina tersebut mengenang bahwa tahun lalu, ada juga banyak perbincangan tentang kebuntuan di medan perang yang luas di Ukraina – namun ia merujuk pada kemenangan militer besar Kiev di wilayah timur laut Kharkiv dan Kherson di selatan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)