Presiden Erdogan: Gaza Harus Menjadi Bagian dari Negara Palestina saat Perang Berakhir

Sabtu, 04 November 2023 - 19:46 WIB
loading...
Presiden Erdogan: Gaza Harus Menjadi Bagian dari Negara Palestina saat Perang Berakhir
Presiden Turki Tayyip Erdogan menyatakan Gaza harus menjadi bagian dari negara Palestina. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan Gaza harus menjadi bagian dari negara Palestina yang merdeka dan berdaulat setelah perang Israel-Hamas berakhir. Ankara tidak akan mendukung rencana apa pun yang "secara bertahap menghapus warga Palestina" dari sejarah.

Turki, yang secara tajam meningkatkan kritiknya terhadap Israel ketika krisis kemanusiaan di Gaza semakin parah, mendukung solusi dua negara dan menjadi tuan rumah bagi anggota Hamas, yang tidak dipandang sebagai organisasi teroris, tidak seperti AS, Inggris, dan negara-negara lain di dunia. Barat. Turki telah menyerukan gencatan senjata segera dan menawarkan pembentukan sistem untuk menjamin gencatan senjata.

Berbicara kepada wartawan dalam penerbangan pulang dari Kazakhstan pada hari Jumat, Erdogan mengulangi kritiknya terhadap negara-negara Barat atas dukungan mereka terhadap Israel, dan mengatakan bahwa kepercayaan Ankara terhadap Uni Eropa “sangat terguncang”.



“Setelah semua yang terjadi selesai, kami ingin melihat Gaza sebagai wilayah damai yang merupakan bagian dari negara Palestina merdeka, sejalan dengan perbatasan tahun 1967, dengan integritas wilayah, dan dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya,” Erdogan pada hari Sabtu seperti yang dikutip oleh stasiun televisi Haberturk.

“Kami akan mendukung formula yang akan membawa perdamaian dan ketenangan di kawasan ini. Kami tidak akan mendukung rencana yang akan semakin menggelapkan kehidupan warga Palestina, yang secara bertahap akan menghapus mereka dari sejarah.”

Dia juga mengatakan kepala intelijennya Ibrahim Kalin berhubungan dengan otoritas Israel dan Palestina, serta Hamas, namun menambahkan bahwa dia tidak akan menganggap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu – yang menurut Erdogan adalah satu-satunya pelaku situasi di Gaza – sebagai pelakunya. rekanan.

“Netanyahu tidak bisa lagi dianggap sebagai tandingan kami. Kami telah menghapusnya, mengusirnya,” katanya. “Tetapi jika tidak, tidak ada yang bisa memutuskan hubungan sepenuhnya, terutama dalam diplomasi internasional,” ujarnya seperti dikutip oleh Haberturk.

Sebelum perang Israel-Hamas, Turki berupaya memperbaiki hubungan dengan Israel setelah bertahun-tahun mengalami perselisihan.

Erdogan menambahkan bahwa Presiden Iran Ebrahim Raisi akan mengunjungi Turki pada akhir November, dan ia akan menghadiri pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Riyadh bulan ini untuk membahas gencatan senjata di Gaza.

Dia mengatakan Turki akan mendukung inisiatif apa pun untuk memastikan bahwa Israel bertanggung jawab atas apa yang disebutnya sebagai kejahatan perang dan pelanggaran hak asasi manusia, dan kegagalan dalam melakukan hal tersebut akan mengikis kepercayaan terhadap sistem global.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)