Parlemen Aljazair Dukung Presiden Menentang Israel di Gaza

Sabtu, 04 November 2023 - 09:55 WIB
loading...
Parlemen Aljazair Dukung Presiden Menentang Israel di Gaza
Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune. Foto/AP
A A A
ALJIR - Parlemen Aljazair dengan suara bulat memberikan wewenang kepada Presiden Abdelmadjid Tebboune untuk mengambil sikap menentang operasi militer Israel di wilayah Palestina di Gaza pada Kamis (2/11/2023).

Menurut kantor berita Arab Al Bawaba, semua anggota parlemen memilih mengizinkan Tebboune mendukung Gaza.

Langkah ini menjadikan Aljazair negara Arab kedua yang secara resmi menyatakan dukungannya terhadap Palestina dalam konflik tersebut.

Pemerintah Houthi Yaman menyatakan dukungannya terhadap Palestina pada Selasa dan mengumumkan mereka telah meluncurkan drone dan rudal terhadap Israel.

Tindakan tersebut terjadi ketika pasukan Israel melakukan operasi darat melawan Hamas, kelompok pejuang yang bertanggung jawab atas serangan 7 Oktober 2023 yang menewaskan 1.400 warga Israel.

Otoritas Palestina setempat memperkirakan jumlah korban tewas di Gaza mencapai 9.000 orang pada Kamis, di tengah kekhawatiran akan konflik regional yang lebih luas.

Pertempuran Israel-Hamas telah memicu gelombang protes pro-Palestina di negara-negara Afrika Utara, termasuk Tunisia, Aljazair, Libya, dan Maroko.



Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Aljazair Ahmed Attaf mendesak komunitas internasional untuk mendukung Palestina dan segera mengambil tindakan untuk mengakhiri “agresi” Israel dan meluncurkan kembali proses perdamaian.

Majelis Rakyat Nasional (APN) di negara Afrika Utara itu mengadakan sesi khusus pada Kamis sebagai bentuk solidaritas terhadap perjuangan Palestina untuk kebebasan dan kemerdekaan, dan menjadi yang pertama melakukan hal tersebut, menurut pernyataan dari Kedutaan Besar Palestina di Aljir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)