Tes ICBM Minuteman III Gagal, Rusia Ledek Senjata Nuklir AS

Sabtu, 04 November 2023 - 00:52 WIB
loading...
A A A
“Menurut standar teknis militer, jika ICBM sudah berusia lebih dari 50 tahun, maka ini juga terlalu tua,” tulis Sheinkman, dan mengacu pada bahasa yang digunakan oleh Angkatan Udara AS. “Anomali utama masih ada di Gedung Putih,” ujarnya.

Drive melaporkan tada rencana untuk mengganti rudal-rudal tersebut dengan ICBM Sentinel LGM-35A baru, yang diharapkan dapat beroperasi pada dekade berikutnya. Newsweek menghubungi Komando Serangan Global Angkatan Udara untuk memberikan komentar, namun belum mendapat respons pada Jumat (3/11/2023).

Kegagalan uji coba ICBM Minuteman III ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan AS dengan Rusia, di mana Moskow telah meningkatkan retorika nuklirnya sejak dimulainya invasi besar-besaran ke Ukraina.

Pada hari Kamis, Rusia mencabut ratifikasi Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir Komprehensif (CTBT) tahun 1996, yang melarang ledakan nuklir, termasuk uji langsung senjata nuklir.

Kremlin mengatakan bulan lalu bahwa pihaknya telah berhasil menembakkan ICBM Yars, meluncurkan rudal balistik dari kapal selam bertenaga nuklir dari Laut Barents, dan uji coba rudal jelajah dari pesawat pengebom jarak jauh Tu-95MS.

Namun, Rusia punya masalah sendiri dengan uji coba rudalnya. Outlet berita independen Rusia, Sirena, melaporkan pada hari Rabu bahwa setidaknya enam uji coba rudal tidak berhasil sejak 30 Juni.

Uji coba tersebut melibatkan torpedo berkemampuan nuklir generasi berikutnya "Poseidon", persenjataan Sarmat, rudal balistik antarbenua Yars, dan Bulava—rudal balistik antarbenua yang diluncurkan dari kapal selam.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)