Intelijen AS: Iran dan Proksinya Berupaya Hindari Perang Besar dengan Israel

Jum'at, 03 November 2023 - 00:44 WIB
loading...
Intelijen AS: Iran dan Proksinya Berupaya Hindari Perang Besar dengan Israel
Intelijen AS menyakini Iran diyakini akan menahan diri dalam perang Gaza.
A A A
GAZA - Komunitas intelijen Amerika Serikat percaya – untuk saat ini – bahwa Iran dan proksinya sedang mengkalibrasi tanggapan mereka terhadap intervensi militer Israel di Gaza untuk menghindari konflik langsung dengan Israel atau Amerika Serikat sambil tetap membebankan biaya kepada musuh-musuhnya.

Namun AS juga sangat menyadari bahwa Iran tidak mempertahankan kendali sempurna atas payung proksinya – khususnya terhadap Hizbullah Lebanon, kelompok terbesar dan paling mampu di antara kelompok-kelompok lainnya. Hizbullah adalah sekutu Hamas, kelompok yang menyerang Israel pada 7 Oktober, dan telah lama memposisikan diri berperang melawan Israel. Para pejabat AS sangat khawatir bahwa politik internal kelompok tersebut dapat menyebabkan Hizbullah meningkatkan ketegangan.

AS juga tidak selalu memiliki visibilitas yang sempurna terhadap komunikasi antara Iran dan berbagai proksinya, menurut sumber yang mengetahui intelijen AS di wilayah tersebut.

“Masalahnya adalah tidak semuanya proxy sama-sama menghormati Teheran – menyatukan mereka adalah sebuah kesalahan,” kata Jonathan Panikoff, mantan analis intelijen senior yang berspesialisasi di wilayah tersebut, dilansir CNN.



“Pertanyaannya adalah, jika Hamas benar-benar terlihat berada dalam masalah, apakah Hizbullah dan Iran akan setuju jika Hizbullah melancarkan serangan besar-besaran untuk menyelamatkan Hamas atau apakah mereka akan berbeda pendapat – dan saya rasa kita belum mengetahuinya," ungkap Panikoff.

Teheran tahu bahwa jika Hizbullah meningkatkan konflik dengan Israel atau Amerika Serikat. "Hal itu kemungkinan akan memicu serangan balik langsung terhadap Iran yang dapat berdampak buruk bagi negara tersebut," kata seorang pejabat AS, yang berbicara kepada CNN tanpa menyebut nama.

Jenis serangan tingkat rendah yang dilancarkan oleh berbagai kelompok proksi terhadap Israel dan AS sejak tanggal 7 Oktober telah menyebabkan AS mengerahkan aset militer dalam jumlah besar, memaksa Israel untuk mengerahkan pasukan dan amunisinya. "Itu membuat Iran terlihat melakukan tindakan yang tidak pantas tentang pembunuhan warga Palestina di Gaza, kata orang ini – sambil menghindari konflik langsung," ungkap sumber CNN tersebut.

Para pejabat AS yakin ini adalah strategi yang terkoordinasi. Jenderal militer Iran yang bertugas mengelola jaringan proksi Iran telah keluar masuk Beirut sejak 7 Oktober, menurut media lokal, di mana ia telah melakukan pertemuan dengan anggota Hizbullah, Hamas, dan kelompok lain yang didukung Iran. Semua menganggap diri mereka bagian dari “Poros Perlawanan” terhadap Israel.

Namun strategi tersebut bisa menjadi bumerang yang menyebabkan konflik menyebar – bahkan jika tidak ada pihak yang menginginkannya, demikian peringatan dari beberapa pejabat AS.

Pejabat senior pemerintahan Biden telah berulang kali dan secara terbuka memperingatkan Iran dan proksinya untuk tidak meningkatkan konflik. Mantan Presiden Donald Trump beberapa hari setelah serangan itu mengatakan pesannya kepada Iran dan Hizbullah adalah: “Jangan. Jangan. Jangan. Jangan."

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)