Hamas Sukses Bendung Pergerakan Tentara Israel di Gaza

Kamis, 02 November 2023 - 22:32 WIB
loading...
Hamas Sukses Bendung Pergerakan Tentara Israel di Gaza
Pergerakan tentara Israel di Gaza dibendung Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Tank dan pasukan Israel mendesak menuju Kota Gaza pada Kamis. Namun, mereka mendapat perlawanan dari pejuang Hamas yang menggunakan mortir dan serangan tabrak lari dari terowongan ketika jumlah korban tewas warga Palestina akibat pemboman selama hampir empat minggu meningkat 9.000 orang.

Pusat populasi utama Jalur Gaza di utara telah menjadi fokus serangan Israel, yang telah bersumpah untuk memusnahkan struktur komando kelompok Islam tersebut dan memerintahkan warga sipil untuk pergi.

“Kami berada di gerbang Kota Gaza,” kata komandan militer Israel Brigadir Jenderal Itzik Cohen, dilansir Reuters.

Hamas dan pejuang Jihad Islam sekutunya muncul dari terowongan untuk menembaki tank, kemudian menghilang kembali ke dalam jaringan. Demikian diungkapkan warga dan video dari kedua kelompok menunjukkan.



“Mereka tidak pernah berhenti membom Kota Gaza sepanjang malam, rumah tidak pernah berhenti berguncang,” kata seorang pria Palestina yang meminta untuk tidak disebutkan namanya. “Tetapi di pagi hari kami menemukan pasukan Israel masih berada di luar kota, di pinggiran kota dan itu berarti perlawanan lebih besar dari yang mereka perkirakan.”

Sadar akan kesulitan pertempuran di lingkungan perkotaan, strategi perwira Israel saat ini tampaknya adalah memusatkan kekuatan besar di Jalur Gaza utara daripada melancarkan serangan darat ke seluruh wilayah.

Ketika seruan internasional untuk menghentikan permusuhan tidak diindahkan, warga Palestina menderita kekurangan makanan, bahan bakar, air minum dan obat-obatan. Air limbah bocor, ada yang meminum air asin dan bantuan yang diizinkan oleh Israel hanyalah sebagian kecil dari apa yang dibutuhkan.

Lebih dari sepertiga dari 35 rumah sakit di Gaza tidak berfungsi, banyak di antaranya diubah menjadi kamp pengungsi darurat dan beberapa penyelamat menggunakan kereta keledai alih-alih ambulans.

“Situasinya lebih dari sekadar bencana di rumah sakit,” kata badan amal Bantuan Medis untuk Palestina, menggambarkan koridor yang padat dan banyak petugas medis yang kehilangan dan kehilangan tempat tinggal.

Panglima angkatan bersenjata Israel pada hari Kamis mengisyaratkan kesediaannya untuk meringankan embargo bahan bakar untuk Gaza, dengan mengatakan bahwa jika rumah sakit di sana kehabisan pasokan, mereka dapat memasok kembali di bawah pengawasan.

Uni Emirat Arab menawarkan untuk merawat 1.000 anak sementara Turki menawarkan untuk menerima pasien kanker.

Perang terbaru dalam konflik yang telah berlangsung puluhan tahun ini dimulai ketika pejuang Hamas menerobos perbatasan pada 7 Oktober. Israel mengatakan mereka membunuh 1.400 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera lebih dari 200 orang pada hari paling mematikan dalam 75 tahun sejarah Israel.

Pemboman Israel terhadap daerah kantong kecil Palestina yang berpenduduk 2,3 juta orang telah menewaskan sedikitnya 9.061 orang, termasuk 3.760 anak-anak dan 2.326 wanita, menurut otoritas kesehatan Gaza.

Meskipun negara-negara Barat dan Amerika Serikat pada khususnya secara tradisional mendukung Israel, gambar-gambar mayat yang berada di reruntuhan dan kondisi mengerikan di Gaza telah memicu seruan untuk menahan diri dan melakukan protes jalanan di seluruh dunia.

Warga melaporkan tembakan mortir di sekitar Kota Gaza dan mengatakan tank dan buldoser Israel terkadang melaju di atas puing-puing dan merobohkan bangunan dibandingkan menggunakan jalan biasa.

Meskipun Israel telah memerintahkan warga Gaza untuk pergi ke selatan, sebagian wilayah tersebut juga tidak luput dari serangan. Tiga warga Palestina tewas dalam penembakan tank di dekat kota Khan Younis dan serangan udara menewaskan lima orang di luar sebuah sekolah PBB di kamp pengungsi Beach, kata pejabat kesehatan Gaza.

Di Gaza tengah, serangan udara menghancurkan sejumlah rumah di kamp pengungsi Bureij, kata warga dan pejabat Gaza, dan 15 jenazah berhasil diangkat dari reruntuhan.



“Pembantaian, pembantaian,” teriak orang-orang sambil mengumpulkan mayat-mayat dalam selimut.

Brigadir Jenderal Iddo Mizrahi, kepala insinyur militer Israel, mengatakan pasukannya berada pada tahap pertama pembukaan jalur akses di Gaza tetapi menghadapi ranjau dan jebakan.

“Hamas telah belajar dan mempersiapkan diri dengan baik.”

Setelah blokade total terhadap Gaza selama lebih dari tiga minggu, pemegang paspor asing dan beberapa orang yang terluka diizinkan keluar. Pejabat perbatasan Palestina Wael Abu Mehsen mengatakan 400 warga negara asing akan berangkat ke Mesir melalui penyeberangan Rafah pada hari Kamis, setelah sekitar 320 orang pada hari Rabu.

Lusinan warga Palestina yang terluka parah juga harus menyeberang. Israel meminta negara asing mengirimkan kapal rumah sakit untuk mereka.

“Saya ingin lulus.Kami bukan binatang,” kata Ghada el-Saka, seorang warga Mesir di Rafah yang menunggu untuk kembali ke rumah setelah mengunjungi kerabatnya. “Kami telah melihat kematian dengan mata kepala kami sendiri,” tambahnya, menggambarkan serangan di dekat rumah saudara-saudaranya yang menyebabkan kematian. dia dan putrinya tinggal di jalanan.

Serangan terbaru Israel mencakup wilayah padat penduduk Jabalia, yang didirikan sebagai kamp pengungsi pada tahun 1948.

Kantor media yang dikelola Hamas di Gaza mengatakan sedikitnya 195 warga Palestina tewas dalam dua serangan pada Selasa dan Rabu, dengan 120 orang hilang dan sedikitnya 777 orang terluka.

Israel, yang menuduh Hamas bersembunyi di belakang warga sipil, mengatakan pihaknya membunuh dua komandan Hamas di Jabalia.

“Kami akan memburu mereka sepanjang malam dan siang, di kota-kota dan di tempat tidur mereka,” kata Menteri Kabinet Perang Israel Benny Gantz, memperingatkan akan terjadinya pertempuran yang panjang dan rumit.

Ketika negara-negara Arab sangat marah atas tindakan Israel, Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB mengatakan “serangan tidak proporsional” yang dilakukan Israel mungkin merupakan kejahatan perang.

Israel mengatakan pihaknya telah kehilangan 18 tentara dan membunuh puluhan militan sejak operasi darat diperluas pada hari Jumat.

Kekerasan juga menyebar ke Tepi Barat yang diduduki, dengan serangan Israel yang memicu bentrokan dengan orang-orang bersenjata dan orang-orang yang melemparkan batu.

Petugas medis Palestina mengatakan tiga remaja dan seorang berusia 25 tahun tewas di sana dalam bentrokan pada hari Kamis. Tentara Israel tidak memberikan komentar. Secara terpisah, militer dan petugas medis mengatakan orang-orang bersenjata Palestina membunuh seorang pengendara mobil Israel di Tepi Barat.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)