Gedung Putih Tepis Kemungkinan Kirim Pasukan AS ke Jalur Gaza

Kamis, 02 November 2023 - 14:06 WIB
loading...
Gedung Putih Tepis Kemungkinan Kirim Pasukan AS ke Jalur Gaza
Gedung Putih tepis kemungkinan kirim pasukan AS ke Jalur Gaza. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Tentara Amerika tidak akan dikerahkan ke Jalur Gaza selama atau setelah fase konflik Israel-Palestina saat ini. Hal itu diungkapkan Gedung Putih , menepis laporan yang menyatakan bahwa pasukan Amerika dapat dikirim untuk misi penjaga perdamaian.

Dalam konferensi pers hari Rabu waktu setempat, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby ditanya apakah pasukan AS akan digunakan untuk “menstabilkan situasi” di Gaza.

“Tidak ada rencana atau niat untuk menempatkan pasukan militer AS di Gaza, sekarang atau di masa depan,” katanya.

“Tetapi kami…berbicara dengan mitra kami tentang seperti apa seharusnya Gaza pasca-konflik,” imbuhnya seperti dikutip dari RT, Kamis (2/11/2023).



Kirby melanjutkan dengan mengatakan bahwa para pejabat sedang mempertimbangkan semacam kehadiran internasional setelah memerangi bencana di Gaza, namun mencatat bahwa belum ada keputusan yang diambil mengenai masalah ini.

Komentar juru bicara tersebut muncul setelah Bloomberg melaporkan bahwa Washington dan Israel sedang mendiskusikan apakah akan memberikan pengawasan sementara terhadap Gaza kepada negara-negara di kawasan tersebut, yang didukung oleh pasukan dari AS, Inggris, Jerman dan Prancis.

Namun, outlet tersebut menyatakan bahwa rencana tersebut masih dalam tahap awal, dan setidaknya ada dua opsi lain yang juga sedang dipertimbangkan, termasuk keterlibatan PBB.

Meskipun Kirby menolak gagasan misi penjaga perdamaian AS, ia mengulangi komentar sebelumnya dari Gedung Putih bahwa Hamas tidak bisa menjadi masa depan pemerintahan di Gaza, dan menyuarakan dukungannya terhadap operasi militer Israel untuk melenyapkan kelompok militan tersebut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)