Profil Craig Mokhiber, Direktur HAM PBB yang Mengundurkan Diri Kasus Perang Israel Palestina

Kamis, 02 November 2023 - 13:51 WIB
loading...
Profil Craig Mokhiber, Direktur HAM PBB yang Mengundurkan Diri Kasus Perang Israel Palestina
Direktur Kantor Hak Asasi Manusia PBB (OHCHR) di New York, Craig Mokhiber. Foto/Middle East Monitor
A A A
JAKARTA - Direktur HAM PBB di New York memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai bentuk protes karena PBB tidak bisa menghentikan genosida yang dilakukan Israel terhadap Palestina di Gaza.

Craig Mokhiber menganggap Amerika Serikat, Inggris dan sebagian negara Eropa terlibat dalam gempuran serangan Israel ke wilayah Palestina. Menurutnya PBB dianggap tunduk terhadap pemerintahan AS dan gagal menyelesaikan konflik mengerikan di Gaza.

Craig Mokhiber mengirimkan surat pengunduran dirinya kepada Komisaris Tinggi PBB di Jenewa, Volker Turk, pada tanggal 28 Oktober 2023. Berikut ulasan mengenai profil Craig Mokhiber, direktur HAM PBB yang mengundurkan diri:

Profil Craig Mokhiber


Craig Mokhiber dikenal sebagai seorang praktisi hukum dan kebijakan hak asasi manusia internasional yang cukup kompeten dan berpengalaman.

Craig Mokhiber bekerja sebagai Direktur di Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia (OHCHR) di New York dan telah menjadi anggota Perserikatan Bangsa - Bangsa (PBB) sejak tahun 1992.

Selama menjadi bagian dari PBB Craig Mokhiber telah memegang beberapa posisi penting selama bertahun - tahun. Hal ini menunjukan kompetensi dan komitmennya untuk memajukan hak asasi manusia di seluruh dunia.

Salah satu perannya yang cukup berpengaruh adalah kepemimpinannya dalam pengembangan karya mengenai pendekatan berbasis HAM pada tahun 1990 silam.

Bekerja di bidang HAM, upaya yang dilakukan Craig Mokhiber meluas ke berbagai wilayah yang kerap terjadi konflik seperti Palestina, Afghanistan dan Darfur terlebih saat dirinya menjabat sebagai Penasihat Senior HAM PBB.

Selain itu Craig Mokhiber pernah menjabat posisi senior di Kantor Pusat OHCHR termasuk menjabat sebagai Kepala Bagian Masalah Ekonomi dan Sosial serta Kepala Cabang Pembangunan dan Masalah Ekonomi Sosial.

Karir Mokhiber yang panjang menunjukan dedikasinya terhadap kemajuan hak asasi manusia dan pengaruhnya yang signifikan terhadap sistem PBB.

Demikian ulasan mengenai profil Craig Mokhiber, direktur HAM PBB yang memutuskan untuk mengundurkan diri, semoga informasi ini dapat menambah wawasan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)