Protes Pengeboman di Gaza, Yordania Tarik Dubesnya di Israel

Kamis, 02 November 2023 - 00:12 WIB
loading...
Protes Pengeboman di Gaza, Yordania Tarik Dubesnya di Israel
Yordania menarik duta besarnya di Israel sebagai bentuk protes atas pengeboman Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Yordania pada Rabu mengumumkan telah menarik duta besarnya dari Israel dan meminta duta besar Israel untuk menjauh sebagai protes atas pemboman Israel di Gaza, dengan mengatakan serangan itu telah menewaskan orang tak berdosa dan menyebabkan bencana kemanusiaan.

Duta Besar hanya akan kembali ke Tel Aviv jika Israel menghentikan perangnya di wilayah kantong tersebut dan mengakhiri “krisis kemanusiaan yang diakibatkannya,” kata Menteri Luar Negeri Ayman Safadi.

“Ini untuk mengungkapkan sikap Yordania yang menolak dan mengutuk perang Israel di Gaza yang membunuh orang tak berdosa dan menyebabkan bencana kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Safadi dalam pernyataan yang disiarkan media pemerintah.



Safadi mengatakan keputusan itu juga diambil karena Israel merampas makanan, air, dan obat-obatan bagi warga Palestina setelah mereka mengepung wilayah tersebut menyusul serangan dahsyat Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Duta Besar Israel di Yordania, yang pergi dua minggu lalu di tengah protes, hanya akan diizinkan kembali dengan syarat yang sama, kata menteri tersebut.

"Yordania meningkatkan upaya diplomatik untuk menekan Israel agar mengakhiri perang, yang membawa “risiko berbahaya” berupa konflik yang menyebar ke seluruh kawasan dan mengancam perdamaian global," kata Safadi, dilansir Reuters.

Banyak warga Yordania, di negara dimana sentimen pro-Palestina tersebar luas, melakukan protes yang menyerukan pihak berwenang untuk menutup kedutaan Israel dan membatalkan perjanjian perdamaian tahun 1994 yang tidak populer antara Israel dan Yordania.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0994 seconds (0.1#10.140)