5 Taktik Israel dalam Invasi Darat ke Gaza, Salah Satunya Tidak Masuk Lebih dari 2 Km

Selasa, 31 Oktober 2023 - 19:03 WIB
loading...
A A A

4. Mendeteksi Terowongan Hamas

5 Taktik Israel dalam Invasi Darat ke Gaza, Salah Satunya Tidak Masuk Lebih dari 2 Km

Foto/Reuters

Jaringan terowongan Gaza milik Hamas telah digambarkan oleh sumber-sumber keamanan sebagai kota bawah tanah yang mencakup situs peluncuran roket, pusat komando dan jalur serangan yang menargetkan pasukan Israel.

Omri Attar, seorang mayor cadangan di brigade operasi khusus, mengatakan pasukan darat juga dilatih untuk menemukan ventilasi udara dan pintu keluar yang mengarah ke bukaan terowongan dan menempatkan bahan peledak di dalam untuk menutupnya. Dia mengatakan unit khusus lainnya dalam Korps Teknik Tempur, yang di masa lalu menggunakan robot dan anjing, akan menangani setiap pertempuran di dalam terowongan.

“Ini adalah situasi yang sangat rumit, dan saya tidak berbicara tentang jumlah korban tewas atau jumlah penculikan, karena infrastruktur di kota bawah, terowongan, adalah situasi yang sangat rumit,” katanya.

Pada tanggal 29 Oktober, pasukan Israel yang beroperasi di dekat penyeberangan Erez “mengidentifikasi sejumlah pejuang yang keluar dari terowongan di Jalur Gaza”.

“Setelah identifikasi, tentara menghadapi pejuang, membunuh dan melukai mereka,” kata militer Israel.

Pendekatan yang dilakukan sejauh ini berbeda dari serangan-serangan sebelumnya di Gaza, wilayah yang sebagian besar merupakan wilayah perkotaan yang dihuni 2,3 juta orang yang menjadi sasaran serangan Israel pada tahun 2008, 2014 dan pada tahun 2021 terhadap Hamas dan Jihad Islam, yang bersumpah akan menghancurkan Israel.

Pada tahun 2008, pasukan militer Israel memasuki wilayah pembangunan dengan kekuatan besar, sehingga mendorong Hamas untuk mundur dan terlibat secara berkala.

Pasukan militer Israel sadar akan bahaya yang ditimbulkan oleh pembangunan besar-besaran di wilayah Gaza dan bahayanya pengiriman pasukan dalam jumlah besar.

Untuk menggarisbawahi risiko ini, pada tahun 2008, Israel kehilangan sembilan tentara dalam serangannya. Pada tahun 2014, jumlah korban tewas melonjak menjadi 66 orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0696 seconds (0.1#10.140)