5 Alasan Negara-Negara Islam Tak Kerahkan Militer Bantu Hamas Melawan Israel

Selasa, 31 Oktober 2023 - 12:39 WIB
loading...
5 Alasan Negara-Negara Islam Tak Kerahkan Militer Bantu Hamas Melawan Israel
Ada beberapa alasan mengapa negara-negara Islam tidak mengerahkan militer untuk membantu Hamas melawan Israel dalam perang di Gaza, Palestina. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Negara-negara Islam maupun negara mayoritas Muslim memang menyatakan dukungannya kepada rakyat Palestina ketika perang Israel-Hamas berkecamuk.

Namun dukungan yang diberikan bukan pengerahan pasukan militer atau pun senjata kepada kelompok perlawanan Palestina; Hamas, di Gaza.

Dukungan itu berupa finansial untuk menopang kehidupan rakyat Gaza yang menderita dan dukungan diplomasi di PBB untuk menghentikan perang Israel di Gaza.

Iran, salah satu negara Islam, yang mendukung Hamas juga tidak terbuka soal bantuan yang mereka berikan. Kendati demikian, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu meyakini 90 persen anggaran militer Hamas berasal dari Iran.



“Iran mendukung Hamas. Saya kira 90 persen anggaran militer Hamas berasal dari Iran. Ia mendanai, mengorganisir, mengarahkannya,” paparnya saat mengumumkan dimulainya invasi darat Israel ke Gaza, pekan lalu.

5 Alasan Negara-Negara Islam Tak Kerahkan Militer Bantu Hamas

1. Diplomasi


Negara-negara Islam cenderung mendukung perjuangan Palestina melalui upaya diplomasi dan bantuan kemanusiaan daripada intervensi militer langsung.

Mereka berupaya untuk mencapai solusi politik yang berkelanjutan melalui negosiasi dengan pihak-pihak yang terlibat.

2. Aliansi Internasional


Beberapa negara Islam memiliki hubungan diplomatik dan aliansi strategis dengan negara-negara Barat, yang mungkin menghendaki stabilitas di Timur Tengah.

Intervensi militer dapat memperburuk hubungan mereka dengan negara-negara Barat, meski faktanya Barat mendukung Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)