Satu-Satunya Negara Nuklir Islam Peringatkan Israel: Perang di Gaza Harus Dihentikan

Minggu, 29 Oktober 2023 - 15:05 WIB
loading...
Satu-Satunya Negara Nuklir Islam Peringatkan Israel: Perang di Gaza Harus Dihentikan
Pakistan, satu-satunya negara Islam yang bersenjata nuklir memperingatkan Israel untuk hentikan perang di Gaza, Palestina. Foto/REUTERS
A A A
ISLAMABAD - Pakistan, satu-satunya negara Islam di dunia yang bersenjata nuklir memperingatkan Israel untuk menghentikan perangnya di Gaza, Palestina.

Duta Besar Pakistan untuk PBB Munir Akram mengatakan kepada Newsweek bahwa gencatan senjata diperlukan. Dia memperingatan potensi ketidakstabilan regional jika konflik Israel dan Hamas yang sudah menghancurkan itu semakin parah.

“Ini adalah kewajiban yang diserahkan kepada semua negara anggota [PBB] untuk mencegah eskalasi konflik,” kata Akram.

“Kami berharap konflik tersebut tidak terjadi, namun konflik tersebut telah terjadi, dan sekarang kami harus menghentikannya, menghentikan pertempuran dan menghindari penderitaan yang sedang terjadi dan mungkin akan terjadi jika konflik ini terus berlanjut,” paparnya, yang dilansir Minggu (29/10/2023).

Meskipun Pakistan, salah satu negara terpadat di dunia dan satu-satunya negara Muslim yang memiliki senjata nuklir, berada ribuan mil jauhnya dari garis depan Jalur Gaza, Akram mengidentifikasi adanya hubungan langsung antara Pakistan dan Palestina.

Menurutnya, keterkaitan ini menjadi lebih nyata dengan menarik persamaan antara konflik Israel-Palestina dan perselisihan India-Pakistan atas wilayah Kashmir yang terbagi, yang mana masyarakat Pakistan memperingati “Hari Hitam” pada hari Jumat.

Pejabat kesehatan setempat di Gaza yang dikuasai Hamas telah menghitung lebih dari 7.000 kematian akibat serangan udara Israel sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober lalu yang menewaskan lebih dari 1.400 orang.

Akram berargumentasi bahwa itu bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. “Hal ini seharusnya dapat diterima oleh negara atau masyarakat beradab mana pun dan kami menentangnya, oleh karena itu kami berharap hal ini akan berhenti,” katanya.

“Ada kewajiban tambahan bagi kami sebagai negara Islam,” ujarnya.

“Kami merasa memiliki kewajiban, komitmen emosional terhadap Palestina dan kebebasan rakyat Palestina,” kata Akram.

“Ini adalah prinsip yang menjadi komitmen kami secara politik karena Kashmir. Kami sangat berkomitmen pada prinsip tersebut, dan kami ingin melihat kemenangan prinsip penentuan nasib sendiri.”

Sejarah Umum


Konflik Israel-Palestina dan Kashmir juga mempunyai hubungan sejarah, keduanya lahir dari runtuhnya pemerintahan kolonial Inggris tiga perempat abad yang lalu, pada tahun-tahun setelah Perang Dunia II.

Ketika British Raj dibubarkan pada tahun 1947, anak benua India yang sebelumnya bersatu terpecah menjadi negara-negara baru; India dan Pakistan, dengan Pakistan juga menguasai Bangladesh modern hingga tahun 1971. Pemisahan tersebut mengakibatkan pertumpahan darah besar-besaran, terutama antara umat Hindu dan Muslim di kedua negara. Kedua negara baru tersebut dengan cepat terlibat perang memperebutkan wilayah tengah Kashmir, yang saat ini terbagi menurut apa yang dikenal sebagai Garis Kontrol.

Tahun berikutnya, Mandat Inggris untuk Palestina juga berakhir karena perang saudara antara komunitas Arab dan Yahudi, yang meningkat secara drastis di tengah masuknya pengungsi Yahudi yang melarikan diri dari Holocaust dan merajalelanya anti-Semitisme di Eropa. Perserikatan Bangsa-Bangsa yang baru dibentuk mencoba membuat rencana pembagian wilayah, namun mendapat perlawanan sengit dari negara-negara Arab dan Muslim, dan setelah deklarasi kemerdekaan Israel pada tahun 1948, perang Arab-Israel pertama pun pecah.

“Kedua situasi tersebut terkait secara hukum dan politik; intinya adalah prinsip penentuan nasib sendiri. Masyarakat harus mempunyai hak untuk menentukan sendiri apa yang seharusnya menjadi nasib politik mereka,” katanya.

Dalam kasus Kashmir, Akram mengatakan bahwa telah secara eksplisit dinyatakan dalam Resolusi 47 Dewan Keamanan PBB bahwa masa depan Kashmir akan ditentukan oleh rakyatnya melalui pemungutan suara yang bebas dan adil—suatu pemungutan suara langsung, yang akan diawasi oleh PBB, namun tidak pernah terwujud.

Mengenai pertanyaan Israel-Palestina, Akram mengatakan, "Kami telah mencapai prinsip tersebut secara berputar-putar melalui pembentukan dua entitas yang terpisah pada tahap awal masalah ini.”
Dia menegaskan bahwa konsep negara Palestina yang berdaulat berdampingan dengan Israel telah menjadi solusi yang diterima dan sedang dianjurkan.

“Di luar prinsip penentuan nasib sendiri, terdapat juga realitas pendudukan asing, yang juga merupakan situasi serupa yang dihadapi oleh warga Kashmir dan Palestina,” kata Akram.

“Dan yang ketiga, tentu saja, selalu ada kasus kekuatan pendudukan kolonial atau asing menggambarkan perlawanan sebagai teroris, dan itu juga merupakan ciri umum dalam kedua situasi ini.”

Teroris vs Pejuang Kemerdekaan


Berbeda dengan beberapa jaringan Islam global yang berupaya mencapai tujuannya melalui kekerasan, seperti al-Qaeda dan kelompok militan ISIS, Hamas tidak secara universal ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh PBB. Sementara Israel, Amerika Serikat , Uni Eropa, dan beberapa negara lain menganggap Hamas sebagai kelompok teroris, sedangkan sebagian besar negara lain, termasuk Pakistan, tidak.

“Dalam kasus Hamas, mereka sebenarnya adalah entitas terpilih di Gaza,” kata Akram.

Dia juga menyebut Hamas memiliki sayap politik dan militer, dan menyamakannya dengan Taliban, yang telah lama membina hubungan dengan Pakistan meskipun terjadi perpecahan sejak Imarah Islam didirikan di Afghanistan dua tahun lalu di tengah penarikan pasukan AS.

India sendiri telah lama menuduh Pakistan membantu dan bersekongkol dengan berbagai kelompok militan yang aktif dalam pemberontakan selama puluhan tahun di Kashmir, sebuah klaim yang dibantah oleh para pejabat Pakistan, termasuk Akram.

Pada saat yang sama, Pakistan juga menghadapi konflik yang sedang berlangsung dengan berbagai gerakan pemberontak yang motifnya berakar pada ekstremisme agama dan separatisme etnis.

Beberapa anggota milisi Pakistan lainnya telah bersumpah setia melintasi perbatasan dengan negara tetangganya, Iran. Brigade Zaynebiyoun, yang sebagian besar terdiri dari Muslim Syiah Pakistan, dibentuk sekitar tahun 2014 dengan dukungan Pasukan Quds Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran dengan tujuan memerangi ISIS dan kelompok militan lainnya di Suriah.

Pada saat Hamas menggalang umat Islam di seluruh dunia untuk bergabung dalam “Operasi Badai al-Aqsa” yang diluncurkan terhadap Israel pada 7 Oktober, Brigade Zaynebiyoun adalah salah satu dari banyak milisi “Poros Perlawanan” yang berpotensi untuk ikut berperang dalam satu bentuk gerakan atau lainnya.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)