3 Dukungan untuk Ganjar-Mahfud dari Luar Negeri

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 20:18 WIB
loading...
3 Dukungan untuk Ganjar-Mahfud dari Luar Negeri
Ganjar-Mahfud mendapatkan dukungan luas dari luar negeri. Foto/Sindonews
A A A
JAKARTA - Mendekati masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, dukungan terhadap Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD semakin berdatangan. Termasuk, dari para Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri.

Dukungan masyarakat tentu sangat benting bagi Ganjar-Mahfud yang akan bersaing dalam kontestasi pilpres mendatang. Tidak terlepas, suara para WNI yang berada di negara lain.

Usai deklarasi resmi pasangan calon (paslon) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, beberapa kelompok WNI di berbagai negara besar mendeklarasikan dukungan mereka.

Berikut ini dukungan WNI untuk Ganjar-Mahfud dari tiga negara besar:

1. Amerika Serikat

Dukungan untuk Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Amerika Serikat (AS), datang dari Komuntas Indonesia yang berada di Negeri Paman Sam tersebut.

Dukungan terhadap Ganjar-Mahfud mereka ungkapkan dengan membacakan sumpah pemuda saat menggelar 'USA for Ganjar Mahfud'. Bahkan, deklarasi ini konon telah dilakukan di lebih dari 20 kota di AS.

“Kami mendeklarasikan dukungan secara serentak untuk pasangan Ganjar-Mahfud dan disiarkan beberapa menit lepas ditetapkannya Pak Mahfud sebagai pasangan Mas Ganjar," ujar Daniel Fu, salah satu anggota USA for Ganjar Mahfud, pada Jum’at (27/10/2023).

Daniel menambahkan, “USA for Ganjar Mahfud” ingin mempertegas komitmennya dalam mendukung Ganjar-Mahfud sebagai pemimpin yang dipercaya menjalankan amanah UUD 1945 dengan jujur, adil, dan berintegritas.

Deklarasi ini juga disampaikan beriringan dengan perayaan Hari Sumpah Pemuda dan ulang tahun Ganjar Pranowo yang ke 55. Daniel berharap, semangat kesatuan dan persatuan yang menjadi nilai Sumpah Pemuda, dapat diimplementasikan pada Pemilu 2024.

2. Hong Kong

Di Hong Kong, sebanyak 500 WNI pekerja menggelar deklarasi dukungan dalam upaya pemenangan nasional Ganjar Pranowo di Victoria Park, Couseway Bay Hong Kong, pada Senin (23/10/2023).

Ketua Tim Pemenangan Ganjar Hong Kong, Michale Cheng mengungkapkan, deklarasi diikuti oleh 18 organisasi relawan.

“Kami yakin jika Ganjar Pranowo akan meraih suara terbanyak di Hong Kong. Para Sahabat Ganjar berjanji akan mendukung kebijakan dan program yang diusung Ganjar Pranowo demi kesejahteraan buruh migran,” ungkap Michale Cheng pada kesempatan itu.

Michale kemudian mengimbuhkan, dukungan WNI dari berbagai profesi di Hong Kong untuk Ganjar Pranowo sudah dinyatakan sejak bulan Juli lalu. Mayoritas pendukung berlatar belakang pekerja migran, budayawan, seniman, serta mahasiswa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)