5 Kendaraan Tempur yang Digunakan Israel dalam Invasi Darat ke Gaza

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 21:21 WIB
loading...
5 Kendaraan Tempur yang Digunakan Israel dalam Invasi Darat ke Gaza
Tentara Israel menggunakan beragam kendaraan tempur dalam invasi ke Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Di tengah konflik Palestina -Israel yang sedang berlangsung, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sudah memerintahkan Pasukan Pertahanan Israel untuk melakukan serangan darat di Jalur Gaza. Hal ini memerlukan pengerahan peralatan militer canggih, meskipun jenis senjata yang akan digunakan masih dirahasiakan.

Tindakan Israel baru-baru ini terjadi setelah serangan kelompok militan Hamas pada 7 Oktober di wilayah selatannya. Serangan gencar tersebut merenggut nyawa lebih dari 1.400 warga Israel, dan ratusan orang disandera.

Ketika pasukan darat dimobilisasi untuk melakukan operasi di Gaza, Kementerian Pertahanan Israel dapat memanfaatkan cadangan senjata yang sangat besar dari sektor pertahanan negara tersebut. Namun, rencana pasti pemerintah dalam hal ini masih dirahasiakan.

Berikut adalah 5 kendaraan tempur yang digunakan Israel dalam invasi darat ke Gaza.

1. ROOK

5 Kendaraan Tempur yang Digunakan Israel dalam Invasi Darat ke Gaza

Foto/Sputnik

Salah satu perangkat keras militer yang dapat ditampilkan adalah robot kendaraan darat tak berawak (UGV) serba guna ROOK. ROOK UGV, inovasi segala medan 6x6, adalah hasil usaha patungan antara Elbit Systems dan Roboteam Israel, yang dirancang untuk kemampuan manuver dan kapasitas menahan beban yang unggul.

Melansir Sputnik, kendaraan dengan bobot 1.200 kg dan panjang 2,7 m, lebar 1,6 m, dan tinggi 1,2 m ini dirancang dengan pusat gravitasi rendah. Pilihan desain ini memprioritaskan stabilitas pada saat-saat penting, seperti mengevakuasi personel yang terluka atau pengiriman pasokan penting selama operasi tempur. Pencahayaan LED putih dan inframerah memastikan visibilitas selama misi malam hari.

2. Eitan

5 Kendaraan Tempur yang Digunakan Israel dalam Invasi Darat ke Gaza

Foto/Sputnik

Pengangkut personel lapis baja Eitan adalah senjata lain yang dapat digunakan IDF dalam kampanye darat di Gaza. Kendaraan personel lapis baja (APC) beroda 8x8 yang canggih merupakan persembahan terbaru dari Direktorat Merkava dan Kendaraan Lapis Baja Kementerian Pertahanan Israel.

Kendaraan tempur ini menawarkan perlindungan modern dan daya tembak yang unggul. Dirancang untuk keserbagunaan, ini memastikan mobilitas pasukan melintasi beragam medan.

Dengan berat antara 30 dan 35 ton, kendaraan ini memiliki panjang delapan meter dan lebar serta tinggi hingga tiga meter. Kamera periferal modern siang dan malam sangat penting, menawarkan ruang untuk tiga awak.

Eitan menggabungkan sistem perlindungan aktif Iron Fist (APS) dari Elbit Systems dengan turret 30 mm, yang selanjutnya diperkuat dengan stasiun senapan mesin jarak jauh 12,7 mm dan meriam 7,62 mm yang ditempelkan pintle. Kendaraan ini dapat mencapai kecepatan melebihi 90 km/jam, dengan jangkauan perjalanan luas 1.000 km.

3. Merkava

5 Kendaraan Tempur yang Digunakan Israel dalam Invasi Darat ke Gaza

Foto/Sputnik

Pasukan Pertahanan Israel akan mengerahkan armada tank tempur utama, termasuk Merkava III Baz, Merkava IV, Merkava Mk 4 Meil Ruach, dan Merkava Barak generasi kelima terbaru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)