Karier Politik Netanyahu, PM Israel yang Deklarasikan Perang Melawan Hamas

Kamis, 26 Oktober 2023 - 12:43 WIB
loading...
Karier Politik Netanyahu, PM Israel yang Deklarasikan Perang Melawan Hamas
Benjamin Netanyahu, PM Israel yang deklarasikan perang melawan Hamas. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah mendeklarasikan perang melawan Hamas.

Keputusan itu diambil setelah kelompok perlawanan Palestina di Gaza tersebut meluncurkan Operasi Badai al-Aqsa pada 7 Oktober 2023, sebuah serangan mengejutkan yang menewaskan lebih dari 1.400 orang di Israel.

Benjamin Netanyahu merupakan salah satu sosok yang paling mencolok dalam sejarah politik Israel. Dia dikenal sebagai tokoh yang kontroversial, pemimpin yang kuat, dan tegas.



Karier Politik Netanyahu


Benjamin Netanyahu lahir pada 21 Oktober 1949, di Tel Aviv, Israel dan dibesarkan di Yerusalem.

Dia menghabiskan sebagian besar masa remajanya tinggal di daerah Philadelphia, Amerika Serikat (AS), tempat ayahnya; sejarawan Yahudi terkenal Benzion Netanyahu, bekerja sebagai profesor.

Pada 1967, dia kembali ke Israel untuk bertugas di unit elite Pasukan Pertahanan Israel; "Sayeret Matkal". Dia ambil bagian dalam sejumlah operasi militer, termasuk penyelamatan dramatis para penumpang pesawat Sabena yang dibajak.

Netanyahu kembali ke Amerika Serikat pada tahun yang sama dan menerima gelar di bidang arsitektur dan administrasi bisnis dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Pada 1976, dia bekerja di Boston Consulting Group, tetapi kembali ke Israel setelah kematian Yoni, kakak tertuanya, yang terbunuh ketika mencoba membebaskan sandera dari pesawat Air France yang dibajak di Uganda.

Selama tugasnya dalam pasukan khusus Israel, Netanyahu menjadi sangat berpengalaman dalam operasi militer dan kontraterorisme—pengalaman yang akan menjadi berharga dalam karier politiknya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)