Pertama Kalinya, Rusia Tembak Jatuh 2 Rudal ATACMS Amerika yang Dipasok ke Ukraina

Kamis, 26 Oktober 2023 - 06:45 WIB
loading...
Pertama Kalinya, Rusia Tembak Jatuh 2 Rudal ATACMS Amerika yang Dipasok ke Ukraina
Rusia, untuk pertama kalinya, menembak jatuh dua rudal ATACMS Amerika Serikat yang ditembakkan oleh Ukraina. Foto/REUTERS/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Militer Rusia mengatakan pada Rabu bahwa pasukan pertahanan udaranya telah menembak jatuh dua rudal jarak jauh ATACMS buatan Amerika Serikat (AS) yang ditembakkan oleh Ukraina.

Media pemerintah Rusia menyebutnya sebagai penembakan jatuh pertama terhadap misil jarak jauh canggih AS.

Mengutip Reuters, Kamis (26/10/2023), Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan intersepsi dua rudal tersebut dalam salah satu pembaruan berkala mengenai perang di Ukraina, sesuatu yang disebut Moskow sebagai “operasi militer khusus".



Namun pihaknya tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai peristiwa tersebut. Pernyataan Moskow belum dapat diverifikasi secara independen, dan belum ada komentar langsung dari Kyiv atau pun Washington.

Ukraina pekan lalu mengatakan bahwa mereka telah menggunakan rudal ATACMS yang dipasok AS untuk pertama kalinya, sehingga menimbulkan kerusakan parah di dua lapangan terbang yang menampung helikopter Rusia dan peralatan lainnya.

"ATACMS dirancang untuk serangan mendalam terhadap pasukan eselon dua musuh,” bunyi keterangan misil tersebut di situs web Angkatan Darat AS.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pekan lalu bahwa Amerika Serikat semakin terlibat dalam konflik Ukraina dan membuat kesalahan dengan memberikan rudal ATACMS kepada Kyiv yang menurutnya tidak akan mengubah situasi medan perang dan dapat dihalau.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)