Sekjen PBB Sebut Tindakan Hamas karena Pendudukan 56 Tahun, Israel Marah

Rabu, 25 Oktober 2023 - 09:45 WIB
loading...
Sekjen PBB Sebut Tindakan Hamas karena Pendudukan 56 Tahun, Israel Marah
Sekjen PBB Antonio Guterres sebut tindakan Hamas karena pendudukan Israel atas Palestina selama 56 tahun. Israel marah dan minta Sekjen PBB mengundurkan diri. Foto/REUTERS
A A A
NEW YORK - Israel menyuarakan kemarahannya setelah Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres menyebut tindakan Hamas yang memicu perang besar saat ini karena dipicu oleh pendudukan atas Palestina selama 56 tahun.

"Serangan Hamas tidak terjadi dalam ruang hampa karena Palestina telah menjadi sasaran pendudukan yang menyesakkan selama 56 tahun," kata Guterres di hadapan sidang tingkat tinggi Dewan Keamanan PBB pada hari Selasa.

Saat membuka sidang, Guterres awalnya mengatakan tidak ada alasan untuk kekerasan mengerikan yang dilakukan militan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober lalu.



Namun Guterrs juga memperingatkan bahwa “hukuman kolektif” terhadap warga Palestina oleh militer Israel tidak bisa dibenarkan.

“Saya sangat prihatin dengan pelanggaran nyata terhadap hukum kemanusiaan internasional yang kita saksikan di Gaza. Biar saya perjelas: Tidak ada pihak dalam konflik bersenjata yang berada di atas hukum kemanusiaan internasional,” kata Guterres, tanpa menyebut nama Israel secara eksplisit.

Ucapan Sekjen PBB itu membuat marah Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen yang, sambil menuding Guterres dan meninggikan suaranya, menceritakan kisah-kisah nyata tentang warga sipil termasuk anak-anak yang terbunuh dalam serangan Hamas pada 7 Oktober lalu.

“Sekretaris Jenderal, Anda tinggal di dunia apa?” kata Cohen.

Menolak untuk menghubungkan kekerasan Hamas dengan pendudukan Israel atas Palestina, Cohen mengatakan negaranya memberikan Gaza kepada Palestina “hingga milimeter terakhir” dengan penarikannya pada tahun 2005.

Israel tak lama kemudian memberlakukan blokade terhadap wilayah miskin tersebut, yang berlaku sejak Hamas mengambil alih kekuasaan, dan Israel masih menduduki Tepi Barat.

Melangkah lebih jauh, Duta Besar Israel untuk PBB, Gilad Erdan, meminta Guterres untuk mengundurkan diri dari posisinya sebagai Sekjen PBB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)