Uskup Polandia Mundur Gara-gara Skandal Pesta Seks dengan PSK Laki-laki

Rabu, 25 Oktober 2023 - 09:09 WIB
loading...
Uskup Polandia Mundur Gara-gara Skandal Pesta Seks dengan PSK Laki-laki
Uskup Grzegorz Kaszak dari Polandia mengundurkan diri setelah keuskupannya menjadi tempat pesta seks para pastor yang melibatkan PSK laki-laki. Foto/NFP
A A A
WARSAWA - Seorang uskup Polandia, yang keuskupannya dilaporkan menjadi tempat pesta seks yang diselenggarakan oleh para pastor, telah mengundurkan diri.

Vatikan, yang dikutip Reuters, Rabu (25/10/2023), telah mengumumkan pengunduran diri Uskup Grzegorz Kaszak dari Polandia.

Pengumuman Vatikan muncul setelah media Polandia melaporkan seorang pekerja seks komersial (PSK) laki-laki pingsan setelah meminum pil disfungsi ereksi dalam pesta seks tersebut.

Meski demikian, Vatikan tidak memberikan alasan pengunduran diri Uskup Grzegorz Kaszak, dan hanya mengatakan bahwa Paus Fransiskus telah menerima pengunduran dirinya.



Keuskupan Kaszak di Polandia barat daya dilanda skandal sejak muncul laporan pada bulan September tentang pesta seks di rumah seorang imam gereja di kota Dabrowa Gornicza.

Menurut laporan media Polandia, seorang PSK laki-laki pingsan di pesta tersebut setelah meminum terlalu banyak pil disfungsi ereksi.

Salah satu pengunjung pesta memanggil ambulans, namun ketika paramedis tiba, mereka ditolak masuk. Paramedis baru bisa merawat pria tersebut setelah polisi dipanggil.

Sejak kejadian tersebut, Kaszak telah meminta umat untuk mendoakan para pastor yang terlibat, serta orang-orang lain yang tidak melakukan kesalahan apa pun namun terkena dampak dari perilaku mereka. Demikian laporan surat kabar Gazeta Wyborcza dan media lokal lainnya.

Pastor yang menjadi tuan rumah pesta di apartemennya, bernama Tomasz Z, akhirnya dipecat, menurut kantor berita pemerintah PAP.

"Keuskupan setempat mengatakan perilaku Tomasz Z adalah penyebab skandal besar bagi umat beriman dan kemarahan opini publik yang beralasan," tulis kantor berita PAP dalam laporannya.

Dalam pernyataan yang dimuat di situs keuskupan, Kaszak berterima kasih kepada umat atas dukungan mereka terhadap gereja. “Saya akan selalu mengingat Anda dalam doa saya,” katanya.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)