Deretan Rumah Sakit Gaza yang Dihancurkan Israel, Salah Satunya RS Indonesia

Senin, 23 Oktober 2023 - 21:50 WIB
loading...
Deretan Rumah Sakit Gaza yang Dihancurkan Israel, Salah Satunya RS Indonesia
Serangan Israel ke RS Al Ahli menewaskan ratusan orang. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel sangat pantas dilabeli sebagai penjahat perang karena melakukan serangan mematikan ke beberapa rumah sakit di Gaza. Kini Israel juga sudah memperingatkan banyak RS lainnya untuk dikosongkan.

Padahal, menghancurkan RS merupakan suatu hal yang dilarang dalam hukum perang. Namun, Israel mengabaikannya. Israel berdalih bahwa pengeboman RS itu sebagai lokasi bersembunyi pasukan Hamas berserta cadangan roketnya.

Berikut adalah 3 RS di Gaza yang dihancurkan oleh Israel.

1. RS Al Ahli

Deretan Rumah Sakit Gaza yang Dihancurkan Israel, Salah Satunya RS Indonesia

Foto/Reuters

Israel dan Palestina saling menyalahkan atas pemboman rumah sakit RS Al Ahli pada 18 Oktober 2023. Presiden AS Joe Biden, yang mendukung Israel sejak awal konflik, mengatakan bahwa berdasarkan informasi, dia melihat ledakan di rumah sakit itu tampaknya disebabkan oleh roket yang ditembakkan oleh “kelompok teroris”, yang sejalan dengan pandangan Israel.

Beberapa negara Barat telah menyerukan penyelidikan, tanpa menyalahkan tahap ini, sementara negara-negara Arab menyalahkan Israel.

Didirikan pada tahun 1882 dan dijalankan oleh gereja Anglikan, Rumah Sakit Al Ahli Arab menggambarkan dirinya di situs webnya sebagai "surga yang damai di tengah salah satu tempat paling bermasalah di dunia".

Rumah sakit tersebut mengatakan pihaknya menawarkan 80 tempat tidur dengan layanan seperti program gratis untuk mendeteksi kanker payudara, pusat untuk wanita lanjut usia, dan klinik keliling yang menawarkan layanan gratis ke kota-kota sekitarnya.

Terletak di lingkungan Zeitoun di Kota Gaza, di wilayah utara Jalur Gaza.

Meskipun jumlah tempat tidurnya terbatas, rumah sakit dan rumah sakit lainnya di Gaza telah dipenuhi dengan korban jiwa yang melebihi kapasitasnya sejak dimulainya serangan udara Israel yang dilancarkan sebagai tanggapan atas serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Selain menangani lonjakan jumlah korban luka, orang-orang juga mencari perlindungan di rumah sakit di seluruh Gaza karena percaya bahwa rumah sakit tersebut adalah tempat yang aman dari serangan.

Fadel Naim, kepala bedah ortopedi, mengatakan sekitar 1.000 orang berada di Rumah Sakit Al Ahli Arab pada Selasa pagi dan lebih banyak lagi yang dilarikan ke sana pada hari berikutnya setelah dia mengatakan tentara Israel telah memperingatkan penduduk di lingkungan Zeitoun untuk mengungsi dari rumah mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)