Giliran Trump Kirim Sinyal Siap Berdamai dengan Korut

Rabu, 23 Agustus 2017 - 14:52 WIB
Giliran Trump Kirim Sinyal Siap Berdamai dengan Korut
Giliran Trump Kirim Sinyal Siap Berdamai dengan Korut
A A A
PHOENIX - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengirimkan tanda siap memperbaiki hubungan dengan Korea Utara. Sebelumnya, Sekretaris Negara sekaligus Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson membuka kemungkinan diadakannya dialog antara kedua negara.

Dalam sebuah kampanye di Phoenix, Arizona, Trump secara hati-hati mengungkapkan optimismenya tentang kemungkinan perbaikan hubungan dengan Korut. AS dan Korut telah terlibat ketegangan selama berbulan-bulan terkait program senjata dan nuklir Pyongyang.

"Saya menghormati kenyataan bahwa dia mulai menghormati kami. Dan mungkin - mungkin tidak, tapi mungkin - sesuatu yang positif bisa terjadi," kata Trump merujuk pada pemimpin Korut, Kim Jong-un, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (23/8/2017).

Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson, sebelumnya telah membuka pintu perdamaian dengan Korut. Itu dilakukan menyambut sikap menahan diri yang diperlihatkan Korut baru-baru ini terhadap program senjatanya.

Tillerson mengatakan ia berharap sebuah jalan untuk dialog bisa dibuka dalam waktu dekat.

"Kita tidak melihat peluncuran rudal dan tindakan provokatif dari pihak Korut sejak menyepakati resolusi Dewan Keamanan PBB," kata Tillerson, mengacu pada sanksi PBB terhadap Korea Utara yang disepakati pada 5 Agustus.

"Kami berharap ini adalah awal dari sinyal yang telah kami cari - bahwa mereka siap menahan ketegangan mereka, mereka siap menahan tindakan provokatif mereka, dan mungkin kita melihat jalan kita ke suatu waktu. dalam waktu dekat memiliki beberapa dialog," tambah Tillerson.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4328 seconds (0.1#10.140)