Israel Resmi Berperang di 3 Front seperti Gaza, Suriah dan Lebanon

Senin, 23 Oktober 2023 - 14:56 WIB
loading...
Israel Resmi Berperang di 3 Front seperti Gaza, Suriah dan Lebanon
Tentara Israel dengan sombong mengaku siap bertempur di tiga front yang berbeda. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Menyusul serangan kelompok pejuang Palestina Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan perang terhadap kelompok tersebut.

Kini, konflik tersebut meluas ke negara-negara tetangga seperti Lebanon dan Suriah ketika Israel meningkatkan serangan udara terhadap kedua negara Arab tersebut.

AS telah mengirim lebih banyak aset militer ke wilayah tersebut untuk memperkuat pasukan Israel menyusul apa yang disebut oleh Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin sebagai “eskalasi yang dilakukan Iran dan pasukan proksinya baru-baru ini.”

Hizbullah, kelompok pejuang yang didukung Iran, telah memerangi pasukan Israel di perbatasan utara Lebanon dengan Israel.

Sehari setelah Israel menyatakan perang, Hizbullah meluncurkan puluhan roket ke posisi Israel untuk mendukung “perlawanan Palestina.”



Israel juga menargetkan bandara internasional Damaskus dan Aleppo di Suriah, tempat Iran mempertahankan kehadiran militernya. Pemogokan tersebut dilaporkan menewaskan dua pekerja.

Austin mengatakan kepada ABC News: "Kami khawatir mengenai potensi eskalasi. Faktanya, apa yang kami lihat... adalah prospek peningkatan serangan yang signifikan terhadap pasukan dan rakyat kami di seluruh wilayah. Dan oleh karena itu, kami akan melakukan apa yang diperlukan untuk memastikan bahwa pasukan kami... berada dalam posisi yang baik, dan mereka terlindungi, dan bahwa kami memiliki kemampuan untuk merespons."

Melansir Reuters, Washington juga akan mengirim lebih banyak pasukan dan sistem Pertahanan Area Ketinggian Tinggi serta batalion sistem rudal pertahanan udara Patriot tambahan ke Israel.

Israel telah mengumpulkan pasukan dan peralatan di dekat perbatasan dengan Gaza menjelang perkiraan invasi darat ke wilayah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0913 seconds (0.1#10.140)