Profil Wakil Pemimpin Hizbullah, Syeikh Naim Kassem

Senin, 23 Oktober 2023 - 22:22 WIB
loading...
Profil Wakil Pemimpin Hizbullah, Syeikh Naim Kassem
Syeikh Naim Kassem merupakan tokoh Hizbullah yang sangat berpengaruh. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Nama Sheikh Naim Kassem kini menjadi sorotan dunia lantaran perannya sebagai wakil pemimpin Hizbullah , kelompok militan Syiah yang berbasis di Lebanon. Kassem pun sering mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang menantang Israel.

Selama perjuangannya, Kassem selalu mendukung perjuangan rakyat Palestina melawan penjajahan Israel, dan bersedia membantu Hamas. Kaseem juga sering diapresiasi dunia lantaran keberaniannya dalam melawan kelompok Israel yang memiliki senjata lebih canggih dan lengkap.

Berikut adalah profil dari Sheikh Naim Kassem

Sheikh Naim Kassem adalah seorang ulama dan politisi Syiah asal Lebanon. Ia lahir di Beirut pada tahun 1953 dan menempuh pendidikan di Universitas Amerika Beirut, di mana ia mendapatkan gelar sarjana dalam bidang fisika dan matematika.

Dilansir dari laman counterextremism, Kassem mulai bergabung dengan Hizbullah sejak awal berdirinya pada tahun 1982, setelah invasi Israel ke Lebanon. Ia menjadi salah satu anggota pendiri dewan syura Hizbullah, yang merupakan badan tertinggi dalam struktur organisasi.

Kassem juga menjadi salah satu penasihat utama dari Hassan Nasrallah, sekretaris jenderal Hizbullah saat ini. Ia dikenal sebagai tokoh moderat dan pragmatis dalam kelompok tersebut, yang mampu menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri.



Kassem adalah penulis dari beberapa buku tentang ideologi, sejarah, dan strategi Hizbullah, termasuk Hizbullah: The Story from Within (2005), yang merupakan buku pertama yang ditulis oleh seorang pejabat Hizbullah untuk publik Barat.

Kassem juga aktif dalam berbagai isu sosial, politik, dan agama di Lebanon dan kawasan. Ia sering memberikan ceramah, wawancara, dan komentar tentang berbagai topik, seperti peran perempuan dalam masyarakat Islam, hubungan antara Syiah dan Sunni dan dialog antar-agama.

Kassem adalah salah satu tokoh Hizbullah yang paling vokal dalam mengutuk agresi Israel terhadap Gaza. Ia menyatakan bahwa Hizbullah sudah berada di jantung pertempuran melawan Israel dan siap untuk membantu Hamas dan kelompok perlawanan lainnya di Palestina.



Ia juga bersumpah bahwa Israel akan membayar harga yang mahal jika melancarkan serangan darat ke Gaza. Kassem juga mengatakan bahwa Hizbullah tidak akan tinggal diam jika Israel mencoba menghancurkan perlawanan Palestina.

Dengan keberaniannya, nama Sheikh Naim Kassem menjadi pemimpin yang dihormati dan disegani oleh banyak orang, baik pendukung maupun lawan politiknya. Ia memiliki pengaruh besar dalam gerakan perlawanan Islam di Lebanon serta visi yang jelas tentang masa depan Lebanon dan Timur Tengah yang damai, adil, dan merdeka dari campur tangan asing.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0847 seconds (0.1#10.140)