10 Strategi Iran Menghindari Keterlibatan Langsung dalam Perang Israel-Hamas

Minggu, 22 Oktober 2023 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Dalam perjalanan pulang dari kunjungannya ke Israel pada hari Rabu, Presiden Joe Biden dengan blak-blakan membantah laporan media Israel yang mengatakan bahwa para pembantunya telah mengindikasikan kepada Israel bahwa jika Hizbullah memulai perang, militer AS akan bergabung dengan militer Israel dalam memerangi kelompok tersebut.

“Tidak benar,” kata Biden kepada wartawan saat pemberhentian pengisian bahan bakar di Pangkalan Udara Ramstein Jerman tentang laporan Israel. "Itu tidak pernah dikatakan."

Juru bicara dewan keamanan nasional Gedung Putih John Kirby menegaskan kembali bahwa Washington ingin membendung konflik tersebut.

“Tidak ada niat untuk mengerahkan pasukan AS dalam pertempuran,” katanya kepada wartawan saat pemberhentian pengisian bahan bakar.

8. Adanya Tekanan untuk Bertindak, Bukan Hanya Retorika

10 Strategi Iran Menghindari Keterlibatan Langsung dalam Perang Israel-Hamas

Foto/Reuters

Jon Alterman, mantan pejabat Departemen Luar Negeri yang sekarang mengepalai program Timur Tengah di lembaga pemikir CSIS di Washington, mengatakan para pemimpin Iran akan merasakan tekanan untuk menunjukkan dukungan nyata, dan bukan hanya retoris, kepada Hamas namun juga memperingatkan potensi terjadinya perputaran peristiwa yang lepas kendali.

“Saat Anda memasuki lingkungan ini, banyak hal terjadi dan ada konsekuensi yang tidak diinginkan oleh siapa pun,” tambahnya.

"Semua orang gelisah."

9. Memperhatikan Suara Negara Lain

10 Strategi Iran Menghindari Keterlibatan Langsung dalam Perang Israel-Hamas

Foto/Reuters

Rekonsiliasi yang ditengahi China antara Iran dan Arab Saudi telah semakin memperumit masalah bagi para pemimpin di Teheran yang ingin menghindari bahaya dari “kemajuan yang rapuh” tersebut, menurut seorang mantan pejabat senior yang dekat dengan para pengambil keputusan penting di Iran.

Sementara itu, masyarakat Iran sendiri dapat memainkan peran dalam peristiwa yang terjadi di kawasan ini.

Para penguasa Iran tidak mampu terlibat langsung dalam konflik tersebut, sementara mereka berjuang untuk meredam perbedaan pendapat yang meningkat di dalam negeri, yang didorong oleh kesengsaraan ekonomi dan pembatasan sosial, kata dua pejabat terpisah. Kerusuhan selama berbulan-bulan di negara ini dipicu oleh kematian seorang wanita muda dalam tahanan tahun lalu dan tindakan keras negara terhadap perbedaan pendapat.

10. Fokus Mengatasi Masalah Dalam Negeri

10 Strategi Iran Menghindari Keterlibatan Langsung dalam Perang Israel-Hamas

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)