Ledakan Beirut, Dunia Ulurkan Dukungan Belasungkawa ke Lebanon

Rabu, 05 Agustus 2020 - 09:16 WIB
loading...
Ledakan Beirut, Dunia Ulurkan Dukungan Belasungkawa ke Lebanon
Ledakan dahsyat yang mengguncang Beirut, Ibu Kota Lebanon, Selasa (4/8/2020). Foto/Russia Today
A A A
BEIRUT - Berbagai negara di dunia, baik sekutu dekat maupun musuh tradisional Lebanon , mengulurkan dukungan sekaligus belasungkawa atas ledakan kembar dahsyat di Beirut , semalam.

Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab menyerukan negara sahabat untuk mendukung negaranya yang telah terhuyung-huyung akibat krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dasawarsa dan pandemi virus corona. Tragedi di Beirut menambah derita negara asal penyair Kahlil Gibran ini.

Data sementara 73 orang tewas dan ribuan lainnya terluka dalam ledakan kembar di Beirut. Berikut respons para politisi dan pemimpin dunia terkait tragedi ini, seperti dikutip AFP, Rabu (5/8/2020). (Baca: Ledakan Beirut Membunuh 73 Orang, Trump: Itu Serangan Bom )

PBB

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyatakan belasungkawa terdalamnya setelah ledakan mengerikan di Beirut. Menurutnya, ledakan itu telah melukai beberapa personel PBB.

Amerika Serikat

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump mengatakan ledakan di Beirut sepertinya merupakan serangan bom. Argumennya itu berdasarkan analisis para jenderal AS. Namun, dia tidak menawarkan bukti.

Menteri Luar Negeri Michael Pompeo menulis di Twitter; "Kami sedang memantau dan siap membantu orang-orang Lebanon ketika mereka pulih dari tragedi mengerikan ini".

Qatar

Qatar jadi salah negara Teluk yang pertama bereaksi atas tragedi ledakan di Beirut. Qatar berjanji akan mengirim rumah sakit lapangan untuk mendukung respons medis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0836 seconds (0.1#10.140)