9 Faktor yang Mempengaruhi Israel Terus Menunda Invasi Darat ke Gaza

Kamis, 19 Oktober 2023 - 21:21 WIB
loading...
9 Faktor yang Mempengaruhi Israel Terus Menunda Invasi Darat ke Gaza
Tentara Israel masih menunda invasi darat ke Gaza karena mempertimbangkan banyak hal. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel bersumpah untuk melenyapkan Hamas dalam serangan gencar tanpa henti di Jalur Gaza. Namun belum ada rencana akhir yang jelas, dan tidak ada rencana yang jelas tentang bagaimana memerintah daerah kantong Palestina yang porak-poranda itu, bahkan jika mereka menang medan perang.

Melansir Reuters, menurut delapan pejabat regional dan Barat, dengan nama sandi "Operasi Pedang Besi", kampanye militer ini tidak akan tertandingi dalam keganasannya dan tidak seperti apa pun yang pernah dilakukan Israel di Gaza pada masa lalu.

Israel telah mengerahkan 360.000 tentara cadangan dan membombardir daerah kantong kecil tersebut tanpa henti setelah serangan Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober, yang menewaskan sekitar 1.400 orang, sebagian besar warga sipil.

Berikut adalah 9 faktor yang mempengaruhi Israel dalam menunda invasi darat ke Gaza.

1. Selalu Mendengar Nasihat AS

9 Faktor yang Mempengaruhi Israel Terus Menunda Invasi Darat ke Gaza

Foto/Reuters

Strategi langsung Israel, kata tiga pejabat regional yang akrab dengan diskusi antara AS dan para pemimpin Timur Tengah, adalah menghancurkan infrastruktur Gaza, bahkan dengan korban sipil yang tinggi, mendorong penduduk daerah kantong tersebut menuju perbatasan Mesir dan mengejar Hamas dengan meledakkan diri labirin terowongan bawah tanah yang dibangun kelompok tersebut untuk melakukan operasinya.

Namun para pejabat Israel mengatakan bahwa mereka tidak memiliki gambaran jelas seperti apa masa depan pascaperang.

Beberapa pembantu Presiden AS Joe Biden khawatir bahwa meskipun Israel mungkin menyusun rencana efektif untuk menimbulkan kerusakan jangka panjang pada Hamas, Israel belum merumuskan strategi keluarnya, kata sebuah sumber di Washington yang mengetahui masalah tersebut.

Kunjungan Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin ke Israel pekan lalu menekankan perlunya fokus pada rencana Gaza pascaperang, tambah sumber itu.

2. Israel Tidak Memiliki Rencana Matang

9 Faktor yang Mempengaruhi Israel Terus Menunda Invasi Darat ke Gaza

Foto/Reuters

Para pejabat Arab juga khawatir bahwa Israel belum menetapkan rencana yang jelas untuk masa depan daerah kantong tersebut, yang dikuasai oleh Hamas sejak tahun 2006 dan menampung 2,3 juta orang.

“Israel tidak punya tujuan akhir bagi Gaza. Strategi mereka adalah menjatuhkan ribuan bom, menghancurkan semuanya dan masuk, tapi lalu bagaimana? Mereka tidak punya strategi keluar untuk hari berikutnya,” kata salah satu sumber keamanan regional.

Invasi Israel belum dimulai, namun pihak berwenang Gaza mengatakan 3.500 warga Palestina telah tewas akibat pemboman udara tersebut, sekitar sepertiga dari mereka adalah anak-anak – jumlah korban jiwa yang lebih besar dibandingkan konflik sebelumnya antara Hamas dan Israel.

3. Memperhatikan Efek Jangka Panjang

9 Faktor yang Mempengaruhi Israel Terus Menunda Invasi Darat ke Gaza

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)