6 Fakta RS Baptis al-Ahli Gaza Dibombardir saat Perang Israel-Hamas

Kamis, 19 Oktober 2023 - 14:53 WIB
loading...
6 Fakta RS Baptis al-Ahli Gaza Dibombardir saat Perang Israel-Hamas
Rumah Sakit Baptis al-Ahli di Gaza dibombardir saat perang Israel-Hamas berkecamuk. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Rumah Sakit (RS) Baptis al-Ahli di Gaza, Palestina, dibombardir pada Selasa (17/10/2023) malam ketika perang Israel dan Hamas terus berkecamuk. Ratusan warga sipil tewas dalam tragedi ini.

Israel telah membombardir Gaza selama hampir dua minggu tanpa henti. Lebih dari 3.000 orang tewas dalam serangan militer Zionis dengan nama sandi Operasi Pedang Besi.

Serangan militer Israel ini sebagai respons atas serangan mengejutkan Hamas pada 7 Oktober lalu yang diberi nama Operasi Badai al-Aqsa. Lebih dari 1.400 orang tewas dan ratusan lainnya disandera dalam serangan tersebut.

Dari banyaknya kehancuran bangunan di Jalur Gaza, nasib Rumah Sakit Baptis al-Ahli inilah yang mencuri banyak perhatian dunia karena masuk kategori kejahatan perang.

6 Fakta RS Baptis Al-Ahli di Gaza yang Dibombardir

1. Lokasi Rumah Sakit Baptis al-Ahli


Rumah Sakit Baptis al-Ahli terletak di Kota Tua Gaza antara lingkungan Shujaiya dan Zeitoun. Lokasinya hanya kurang dari 3 km dari Rumah Sakit al-Shifa, rumah sakit umum terbesar di wilayah tersebut.

Fasilitas medis ini juga dekat dengan beberapa situs bersejarah di Gaza, termasuk Masjid Agung Omari, yang dikenal sebagai Masjid Agung Gaza dan dua gereja di Gaza, yakni Kapel Penginjil St Philip dan Gereja St Porphyrius.

2. Waktu Pengeboman Rumah Sakit Baptis al-Ahli


Pengeboman itu terjadi pada Selasa (17/10/2023) malam, sementara jam persisnya belum jelas. Namun menurut militer Israel, pada pukul 18.59 ada laporan ledakan di rumah sakit tersebut.

Pada jam-jam pertama setelah ledakan, seorang kepala pertahanan sipil Gaza mengatakan 300 orang tewas, sementara sumber kementerian kesehatan menyebutkan angka 471 dan 28 orang dalam kondisi kritis.

Sejumlah besar orang yang terluka dibawa ke Rumah Sakit al-Shifa di Kota Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)