Penyangkalan Khas Yahudi, IDF Salahkan Jihad Islam atas Ledakan di RS Al Ahli

Rabu, 18 Oktober 2023 - 14:26 WIB
loading...
Penyangkalan Khas Yahudi, IDF Salahkan Jihad Islam atas Ledakan di RS Al Ahli
Penyangkalan Khas Yahudi, IDF Salahkan Jihad Islam atas Ledakan di RS Al Ahli
A A A
GAZA - Strategi penyangkalan kerap digunakan Israel dalam sejak pendirian negara Yahudi tersebut. Hal itu juga diterapkan dalam insiden pengeboman Rumah Sakit Al Ahli.

Juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Daniel Hagari mengatakan ledakan itu disebabkan oleh roket Palestina yang ditembakkan dari kuburan. Dia mengatakan militer Israel menyimpulkan kelompok Jihad Islam Palestina bertanggung jawab atas ledakan rumah sakit Al Ahli.

“Kami segera melakukan peninjauan dengan semua cabang IDF yang relevan,” katanya, dilansir BBC. Dia mengatakan rentetan roket ditembakkan oleh Hamas ke Israel pada pukul 18:15 waktu setempat pada Selasa (17/10/2023) sebelum ledakan di rumah sakit.

Kemudian, pada pukul 18:59, katanya, rentetan sekitar 10 roket ditembakkan oleh Jihad Islam Palestina dari kuburan terdekat. "Pada saat yang sama, ada laporan adanya ledakan di rumah sakit di Kota Gaza," katanya.



Hagari melanjutkan, dengan mengatakan bahwa Hamas paham bahwa ledakan itu disebabkan oleh roket Jihad Islam yang gagal ditembakkan, namun Hamas meluncurkan “kampanye media global” untuk menyalahkan Israel.

“Mereka bahkan membesar-besarkan jumlah korban,” katanya. “Mereka paham dengan kepastian mutlak bahwa yang merusak rumah sakit itu adalah roket yang salah ditembakkan oleh Jihad Islam.”

Dia mengatakan rekaman udara menegaskan tidak ada serangan langsung ke rumah sakit itu sendiri dan tidak ada kerusakan pada bangunan di sekitarnya.

Dia mengatakan, satu-satunya lokasi yang rusak adalah tempat parkir di luar rumah sakit.

“Tidak seperti Hamas,” kata Hagari kepada wartawan, “IDF segera melakukan pemeriksaan” atas serangan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)