Mengenal Yahudi Haredi dan Neturei Karta, Kelompok Penentang Zionis Israel yang Mengejutkan

Selasa, 17 Oktober 2023 - 13:15 WIB
loading...
A A A
Terlepas dari statusnya yang memang minoritas, komunitas Haredi memiliki hak otonom khusus. Dilindungi secara budaya, mereka diberikan kebebasan untuk mendirikan lembaga-lembaga pendidikan sendiri.

Kemudian, anggota Haredi juga tidak wajib masuk militer atau bergabung bersama Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Alasannya karena lingkungan tentara Israel sering dianggap tidak sesuai aturan ketat kelompok Haredi.

2. Neturei Karta


Neturei Karta merupakan kelompok Yahudi yang menolak Zionisme serta pendirian negara Israel. Dalam hal ini, mereka percaya bahwa negara Yahudi hanya dapat dibangun setelah kedatangan mesias.

Neturei Karta memiliki basis di Yerusalem. Pendirian kelompok ini diperkirakan sejak awal abad ke-19.

Neturei Karta sangat menentang Zionisme. Mereka bahkan menganggap organisasi tersebut sebagai racun yang mengancam orang-orang asli Yahudi.

Pada awal pendiriannya, anggota Neturei Karta kebanyakan adalah keturunan Yahudi Hongaria dan Yahudi Lithuania.

Dulunya, mereka menjadi siswa dari Gaon of Vilna (dikenal sebagai Perushim) yang telah menetap di Yerusalem pada awal abad ke-19.

Lebih jauh, komunitas ini juga sangat mempercayai kitab sucinya. Mereka menentang kekerasan terhadap warga Palestina dan menyerukan perdamaian segera.

Mirip seperti komunitas Haredi, Neturei Karta menentang Zionis dan negara Israel atas dasar agama. Bagi mereka, pendirian negara Yahudi (Israel) adalah sebagai tindakan anti-mesianis.

Menurut salah satu ajaran Neturei Karta, anggotanya dituntut untuk menantikan penebusan surgawi. Maksudnya, mereka tidak boleh mengerahkan berbagai cara salah untuk mempercepat akhir zaman dan harus menunggu takdir mesianis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)