Israel Terus Bantai Warga Palestina, Mengapa Pos Perbatasan Rafah di Gaza Masih Ditutup?

Selasa, 17 Oktober 2023 - 07:30 WIB
loading...
Israel Terus Bantai Warga Palestina, Mengapa Pos Perbatasan Rafah di Gaza Masih Ditutup?
Orang-orang duduk di depan gerbang perbatasan Rafah ketika warga Palestina dengan kewarganegaraan ganda menunggu dengan harapan mendapatkan izin meninggalkan Gaza, di Jalur Gaza selatan, 14 Oktober 2023. Foto/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa
A A A
RAFAH - Warga Gaza sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan, namun hal itu masih mustahil dilakukan. Satu-satunya pos pemeriksaan yang tersedia di Gaza ditutup, meskipun ada kesepakatan pembukaannya pada Selasa (17/10/2023).

Ketika krisis kemanusiaan di Jalur Gaza semakin parah, dengan kekurangan makanan, bahan bakar dan air, bantuan kemanusiaan dari beberapa negara tertahan di Mesir sambil menunggu kesepakatan untuk pengiriman yang aman ke Gaza dan evakuasi beberapa pemegang paspor asing melintasi perbatasan melalui Rafah.

Israel Terus Bantai Warga Palestina, Mengapa Pos Perbatasan Rafah di Gaza Masih Ditutup?


Menurut PBB, cadangan bahan bakar di semua rumah sakit di wilayah kantong tersebut diperkirakan akan bertahan sekitar 24 jam lagi.

Pada Senin, kantor Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu menyatakan tidak ada gencatan senjata untuk bantuan kemanusiaan ke Gaza sebagai imbalan atas keluarnya warga asing.

Komunitas internasional telah berulang kali meminta agar pejabat Israel membuka 'koridor aman' bagi warga Gaza.

Pada Minggu, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) secara resmi mengumumkan pembukaan koridor evakuasi dari bagian utara Gaza ke wilayah selatan.

Pada saat yang sama, Sekretaris Jenderal PBB Guterres meminta Hamas memberikan “akses bantuan kemanusiaan tanpa hambatan” ke Jalur Gaza dan segera membebaskan semua sandera.

Namun, Israel menolak mengizinkan kargo kemanusiaan memasuki wilayah Gaza.

Bagaimana bantuan kemanusiaan bisa masuk ke Jalur Gaza sekarang dan bagaimana posisi Israel, Palestina dan Mesir mengenai masalah ini? Sputnik mencoba menemukan jawabannya.

Apa Masalah dengan Pos Pemeriksaan?


Hanya ada tiga pos pemeriksaan yang tersedia untuk keluar dari Jalur Gaza: Erez dan Kerem Shalom ke Israel dan Rafah ke Mesir.

Pos pemeriksaan pertama, Erez, terletak di perbatasan utara dari Gaza ke Israel, berfungsi secara eksklusif untuk membiarkan orang lewat.

Pos Erez hancur total selama serangan diam-diam Hamas ke Israel selatan pada tanggal 7 Oktober.

Nasib yang sama menimpa Kerem Shalom, pos pemeriksaan kedua pada pagi serangan Hamas itu. Itu satu-satunya pagi yang mengizinkan semua kargo besar memasuki Gaza, karena blokade ekonomi yang diberlakukan Israel di Jalur Gaza di bawah pemerintahan Hamas pada tahun 2007.

Untuk saat ini, hanya pos pemeriksaan Rafah ke Mesir yang tersedia untuk operasi, tetapi situasi di persimpangan masih belum jelas.

Baru-baru ini, Mesir menutup pos pemeriksaan tersebut karena dibombardir tentara Israel sejak pekan lalu.

Sementara itu, Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina sedang menunggu pos pemeriksaan Rafah dibuka secara resmi, menurut perwakilan Bulan Sabit Merah Palestina Neebal Farsakh kepada Sputnik.

“Sampai saat ini Bulan Sabit Merah belum mendapat informasi mengenai pembukaan pos pemeriksaan Rafah untuk bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza. Meskipun kami adalah pihak yang bertanggung jawab atas pengiriman bantuan kemanusiaan, kami terus menunggu pemberitahuan resmi mengenai pembukaan pos pemeriksaan, sehingga kru kami dapat dengan aman mencapai, membawa, dan mendistribusikan bantuan kepada mereka yang terkena dampak,” ujar Farsakh kepada Sputnik.

Sementara pos pemeriksaan Rafah masih ditutup, Mesir mengumpulkan bantuan kemanusiaan di bandara El-Arish, karena tidak hanya Mesir, tetapi juga Yordania, Uni Emirat Arab (UEA), Qatar dan Turki mengirimkan bantuan, menurut Direktur Forum Timur Tengah untuk Kajian Strategis Samir Ghattas kepada Sputnik.

“Kemudian bantuan akan dikirim ke pos pemeriksaan Rafah. Pada hari Minggu, Mesir telah mengerahkan konvoi panjang kendaraan yang membawa bantuan kemanusiaan, termasuk makanan, obat-obatan dan kebutuhan pokok. Namun, Israel tidak mengizinkan kargo tersebut lewat, dan menembaki pos pemeriksaan. Pihak Israel kemudian mengumumkan mereka tidak akan mengizinkan masuknya bantuan darat dari Mesir atau negara lain,” ujar dia.

Bagaimana Sikap Israel?


Sebaliknya, para pejabat Israel tidak akan membiarkan bantuan kemanusiaan masuk ke daerah kantong tersebut, karena mereka tidak dapat memeriksa apa sebenarnya yang dibawa dengan truk dari Mesir.

Preseden seperti itu diposting oleh jurnalis Israel Yossi Eli di akun Twitter-nya, yang mengklaim Pasukan Khusus Israel menemukan sekarung beras berisi peluru.

Menteri Energi Israel Israel Katz menyatakan pada Senin bahwa dia “dengan tegas menentang pembukaan blokade dan impor barang ke Jalur Gaza karena alasan kemanusiaan.”

Bagaimana Sikap Mesir?


Menurut Direktur Forum Kajian Strategis Timur Tengah Samir Ghattas, Mesir tidak tertarik dengan pembukaan penuh pos pemeriksaan Rafah. Kairo belum siap membiarkan pengungsi masuk, namun akan menekan Israel mengenai masalah bantuan kemanusiaan.

“Semula, pemegang paspor Amerika dan Swedia seharusnya meninggalkan Jalur Gaza, dan mereka sebenarnya menunggu di perbatasan pada waktu yang ditentukan kemarin. Namun Mesir mengumumkan orang asing, apapun kewarganegaraannya, tidak akan bisa memasuki Mesir kecuali Israel mengizinkan konvoi bantuan kemanusiaan ke Gaza. Jadi Israel menolak,” ungkap Ghattas.

Menurutnya, Israel mendorong warga Palestina meninggalkan Gaza dan pergi ke Sinai, sejauh Israel siap mengizinkan mereka pergi, namun mereka menolak menyerahkan bantuan kemanusiaan.

“Kairo percaya orang-orang Palestina harus tetap tinggal dan mempertahankan tanah mereka daripada menjadi pengungsi yang akan mengubah Semenanjung Sinai menjadi kamp pengungsi besar, seperti yang terjadi sebelumnya di Lebanon, Suriah dan Yordania,” tegas dia.

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi mengatakan pada Kamis bahwa penduduk Gaza harus “tetap tabah dan tetap berada di tanah mereka”.

Sejauh ini, puluhan truk bantuan kemanusiaan untuk Gaza masih menunggu di dekat pos pemeriksaan Rafah di sisi Mesir, sementara Kairo menunggu persetujuan dan jaminan keamanan dari Israel untuk memasuki wilayah kantong tersebut.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)