Militer Israel Ngeles Sengaja Serang Konvoi Evakuasi Jalur Gaza

Minggu, 15 Oktober 2023 - 13:24 WIB
loading...
Militer Israel Ngeles Sengaja Serang Konvoi Evakuasi Jalur Gaza
Militer Israel sangkal sengaja serang konvoi evaluasi warga dari Jalur Gaza. Foto/Ilustrasi
A A A
TEL AVIV - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) membantah dengan sengaja membunuh warga sipil yang mencoba melarikan diri dari Gaza utara melalui serangan udara. Sebaliknya, IDF mengatakan, informasi apa pun yang datang dari daerah kantong Palestina yang dikuasai Hamas harus diperlakukan dengan sangat hati-hati dan penuh kecurigaan karena informasi tersebut memenuhi tujuan propaganda mereka.

Meskipun tidak sepenuhnya mengesampingkan kemungkinan terjadinya “kecelakaan aneh,” juru bicara IDF Letnan Kolonel Jonathan Conricus bersikeras pada hari Minggu bahwa “tidak ada yang menargetkan kendaraan, tidak ada yang menargetkan warga sipil” mengacu pada insiden hari Jumat, yang menewaskan puluhan orang atau terluka.

Juru bicara militer Israel tersebut menunjukkan sebuah video yang menunjukkan mobil-mobil melaju di jalan Salah al-Din, mengikuti perintah evakuasi Israel, sebelum sebuah ledakan menghantam salah satu kendaraan.

“Saya bukan ahli forensik, saya tidak bisa mengatakan apakah ini IED pinggir jalan atau serangan dari atas. Tapi yang bisa saya katakan dengan yakin, karena kami sudah memintanya, adalah IDF tidak sengaja menyerang di kawasan itu,” kata Conricus seperti dikutip Russia Today, Minggu (15/10/2023).



Pejabat kesehatan di daerah kantong Palestina yang dikuasai Hamas pada hari Jumat mengklaim bahwa serangan udara Israel menghantam mobil sipil di tiga lokasi terpisah, menewaskan 70 orang, dan melukai hingga 150 lainnya.

Badan kemanusiaan PBB, OCHA, mengatakan bahwa“insiden ini mendorong banyak orang meninggalkan upaya evakuasi dan kembali ke rumah.

Namun, juru bicara IDF menegaskan: “Ketika Kementerian Kesehatan Gaza mengeluarkan informasi mengenai jumlah orang yang terbunuh, apakah mereka bersenjata atau tidak, apakah mereka perempuan atau anak-anak, jelas bahwa informasi tersebut disahkan oleh Hamas… dan berfungsi tujuan propagandanya.”

Juru bicara IDF itu melanjutkan dengan berargumentasi bahwa tidak masuk akal jika IDF melakukan hal tersebut, khususnya karena mereka ingin orang-orang pergi ke wilayah selatan.

“Siapa yang ingin menghentikan warga sipil – organisasi yang sama yang melakukan penghalangan jalan,” klaimnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1812 seconds (0.1#10.140)