Arab Saudi Dilaporkan Bekukan Kesepakatan Normalisasi Hubungan dengan Israel

Minggu, 15 Oktober 2023 - 09:59 WIB
loading...
Arab Saudi Dilaporkan Bekukan Kesepakatan Normalisasi Hubungan dengan Israel
Arab Saudi dilaporkan bekukan kesepakatan normalisasi hubungan dengan Isral. Foto/Ilustrasi
A A A
RIYADH - Dua sumber mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa Arab Saudi telah menghentikan rencana normalisasi hubungan dengan Israel yang didukung Amerika Serikat (AS). Ini menandakan adanya pemikiran ulang yang cepat mengenai prioritas kebijakan luar negeri Saudi ketika perang antara Israel dan Hamas meningkat.

Konflik tersebut juga mendorong Arab Saudi berhubungan dengan Iran. Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menerima panggilan telepon pertamanya dari Presiden Iran Ebrahim Raisi ketika Riyadh mencoba mencegah peningkatan kekerasan yang lebih luas di wilayah tersebut.

Kedua sumber tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa akan ada penundaan dalam pembicaraan normalisasi dengan Israel yang didukung AS, yang merupakan langkah penting bagi kerajaan tersebut untuk mengamankan apa yang dianggap Riyadh sebagai imbalan nyata dari pakta pertahanan AS.

Hingga Hamas yang didukung Iran memicu perang pada tanggal 7 Oktober dengan melancarkan serangan dahsyat terhadap Israel, baik para pemimpin Israel maupun Arab Saudi mengatakan bahwa mereka terus bergerak menuju kesepakatan yang dapat mengubah Timur Tengah.

"Hingga konflik terbaru ini, Arab Saudi mengindikasikan bahwa mereka tidak akan membiarkan upayanya mencapai pakta pertahanan AS gagal bahkan jika Israel tidak menawarkan konsesi yang signifikan kepada Palestina dalam upaya mereka untuk menjadi negara," kata sumber sebelumnya seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (15/10/2023).

Namun pendekatan yang mengesampingkan warga Palestina akan berisiko membuat marah masyarakat Arab di wilayah tersebut, karena outlet berita Arab menyiarkan gambar warga Palestina yang tewas dalam serangan udara balasan Israel.



Sumber pertama yang mengetahui pemikiran Riyadh mengatakan bahwa pembicaraan tidak dapat dilanjutkan untuk saat ini dan masalah konsesi Israel untuk Palestina perlu menjadi prioritas yang lebih besar ketika diskusi dilanjutkan – sebuah komentar yang menunjukkan bahwa Riyadh tidak meninggalkan gagasan tersebut.

Washington ingin melanjutkan Perjanjian Abraham yang di dalamnya beberapa negara Teluk, termasuk Uni Emirat Arab, menormalisasi hubungan dengan Israel.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan pada pengarahan di Gedung Putih minggu ini bahwa upaya normalisasi “tidak ditunda” namun mengatakan fokusnya adalah pada tantangan-tantangan mendesak lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)