Menlu Tillerson: AS Tak akan Pernah Terima Korut Miliki Nuklir

Minggu, 30 Juli 2017 - 05:39 WIB
Menlu Tillerson: AS Tak akan Pernah Terima Korut Miliki Nuklir
Menlu Tillerson: AS Tak akan Pernah Terima Korut Miliki Nuklir
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson menegaskan bahwa Washington tak akan pernah terima Korea Utara (Korut) memiliki senjata nuklir. Dia menuduh Rusia dan China sebagai pendukung ekonomi Pyongyang yang menyokong program senjata negara komunis itu.

Komentar Menlu Tillerson muncul tak lama setelah diktator muda Korut Kim Jong-un sesumbar bahwa senjata nuklirnya kini mampu menyerang kota-kota di daratan AS. Klaim Kim itu tak lepas dari keberhasilan uji tembak rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-14 pada Jumat malam lalu.

Baca Juga: Kim Jong-un: Seluruh AS Dalam Jangkauan Rudal Korut

Tillerson mendesak dua pesaing utama AS, yakni China dan Rusia untuk meningkatkan upayanya dalam mengekang ancaman nuklir Pyongyang yang terus berkembang.

”Semua negara harus mengambil sikap publik yang kuat terhadap Korut dengan mempertahankan dan memperkuat sanksi PBB guna memastikan Korut akan menghadapi konsekuensi atas pengejaran senjata nuklir tanpa henti,” ujar Tillerson.

Baca Juga: Korut Kembali Tembakkan Rudal, Jepang Marah

Dia tidak merinci bukti tuduhannya bahwa Rusia dan China menjadi pendukung ekonomi Pyongyang yang berkontribusi dalam pengembangan senjata nuklir Korut.

Tillerson mengatakan, AS tetap menginginkan sebuah resolusi damai untuk melakukan denuklirisasi semenanjung Korea.”Washington tidak akan pernah menerima Korut memiliki senjata nuklir,” katanya, seperti dikutip dari Fox News, Minggu (30/7/2017).

Sebelumnya, Presiden Donald Trump mengutuk tindakan uji tembak rudal balistik terbaru Korut sebagai tindakan “sembrono dan berbahaya”. ”AS akan mengambil semua langkah penting untuk melindungi diri dan sekutunya,” kata Trump.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3269 seconds (0.1#10.140)