5 Tantangan Mengerikan bagi Tentara Israel Jika Berani Masuk Gaza

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 00:00 WIB
loading...
5 Tantangan Mengerikan bagi Tentara Israel Jika Berani Masuk Gaza
Israel bombardir bangunan di Gaza, Palestina. Tentara Israel menghadapi 5 tantangan mengerikan jika masuk Gaza untuk perang darat dengan Hamas. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Militer Israel telah memanggil ratusan ribu tentara cadangan untuk perang darat melawan Hamas dengan memasuki Jalur Gaza, Palestina.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) bersumpah untuk membasmi Hamas setelah kelompok perlawanan Palestina itu meluncurkan serangan spektakuler, yang diberi nama Operasi Badai al-Aqsa, terhadap Israel pada Sabtu lalu. Lebih dari 1.200 warga Israel.

IDF menyatakan siap melakukan serangan darat terhadap Hamas di Jalur Gaza, namun para pemimpin politik negara itu belum mengambil keputusan.



“Kami sedang menunggu untuk melihat apa yang diputuskan oleh kepemimpinan politik kami mengenai potensi serangan darat,” kata juru bicara IDF Richard Hecht, seperti dikutip AFP, Kamis (12/10/2023).

Jika Israel menyerbu Jalur Gaza dengan pasukan infanteri mekanis dan dukungan udara dari helikopter serang, maka bentuk peperangan perkotaan yang sengit akan terjadi di jalan-jalan sempit dan jalur-jalur di wilayah tepi laut, di mana jumlah penduduknya mencapai 5.500 orang per kilometer persegi.

5 Tantangan Mengerikan bagi Tentara Israel Jika Masuk Gaza

1. Kesulitan Navigasi

Bangunan-bangunan di Jalur Gaza berdiri padat karena kurangnya ruang untuk menampung populasi yang begitu besar. Jalanan sempit.

Akan lebih sulit lagi bagi kendaraan pengangkut personel lapis baja (IFV), kendaraan tempur infanteri (IFV) dan tank untuk bernavigasi di Jalur Gaza karena puing-puing di jalan dari gedung-gedung yang dibom.

2. Perangkap dan Sniper

Perangkap di ruang kecil menimbulkan risiko besar bagi pasukan Israel, yang harus memasuki, memverifikasi, menetralisir, dan membersihkan bangunan kelompok Hamas satu per satu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0980 seconds (0.1#10.140)