Rusia Tolak Langkah AS Kirim Senjata ke Ukraina

Selasa, 25 Juli 2017 - 21:03 WIB
Rusia Tolak Langkah AS Kirim Senjata ke Ukraina
Rusia Tolak Langkah AS Kirim Senjata ke Ukraina
A A A
MOSKOW - Rusia menyatakan menolak langkah Amerika Serikat (AS) untuk mengirimkan senjata mematikan ke Ukraina. Menurut Moskow, langkah tersebut akan membuat upaya damai di Ukraina semakin sulit dan justru akan meningkatkan ketegangan.
"Kami telah mengatakan lebih dari sekali, bahwa setiap tindakan yang meningkatkan keteganga dan semakin memperparah situasi yang sudah rumit hanya akan membuat kita semakin menjauh dari menyelesaikan masalah internal Ukraina ini," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, seperti dilansir Reuters pada Selasa (25/7).
Sebelumnya diwartakan, perwakilan khusus AS untuk Ukraina yang baru, Kurt Volker mengatakan, Washington tengah meninjau kemungkinan mengirimkan senjata ke Ukraina. Mempersenjatai pasukan pemerintah Ukraina mungkin bisa mengubah pendekatan Moskow. Menurut Volker, langkah tersebut tidak akan provokatif.
"Senjata pertahanan, yang akan memungkinkan Ukraina mempertahankan diri, dan untuk mengambil tank misalnya, benar-benar akan membantu untuk menghentikan ancaman yang mengancam Rusia," kata Volker.
Dia lalu mengatakan, keberhasilan dalam membangun perdamaian di timur Ukraina akan memerlukan apa yang dia sebut dialog strategis baru dengan Rusia. Volker sendiri adalah mantan perwakilan tetap AS untuk NATO dan diangkat ke peran barunya awal bulan ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5025 seconds (0.1#10.140)