Serangan Hamas Adalah Situasi Keamanan Terburuk di Israel Sejak 1973

Selasa, 10 Oktober 2023 - 14:44 WIB
loading...
Serangan Hamas Adalah Situasi Keamanan Terburuk di Israel Sejak 1973
Serangan mendadak Hamas ke Israel adalah situasi keamanan terburuk di negara Zionis itu sejak perang Yom Kippur tahun 1973. Foto/Ilustrasi
A A A
TEL AVIV - Serangan besar-besaran yang dilancarkan Hamas ke Israel yang memicu pertikaian berdarah antara kelompok militan dan pasukan Israel adalah situasi keamanan terburuk yang pernah dihadapinegara Zionis itu sejak perang Yom Kippur tahun 1973. Hal itu diungkapkan seorang pakar urusan Israel kepada Al Arabiya.

Meningkatnya ketegangan di Israel dimulai pada hari Sabtu ketika Hamas melancarkan serangan mendadak yang tidak terduga dan belum pernah terjadi sebelumnya. Didukung oleh rentetan roket, militan Hamas menerobos blokade dari Jalur Gaza ke kota-kota Israel yang berdekatan. Serangan mendadak ini mengakibatkan banyak korban jiwa dan penculikan – lebih dari 1.600 orang tewas dan ribuan lainnya terluka.

Sebagai tanggapannya, Israel melancarkan serangan udara terhadap sasaran-sasaran di Gaza dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyatakan keadaan perang dengan Hamas. Ia juga bersumpah untuk memberikan dampak yang tidak ada bandingannya terhadap kelompok militan tersebut.

Serangan brutal yang dilakukan Hamas belum pernah terjadi sebelumnya dan berbeda dari serangan sebelumnya di Gaza, juga dalam hal jumlah korban jiwa dan tawanan.



"Ini adalah situasi keamanan terburuk yang dihadapi Israel sejak Perang Yom Kippur tahun 1973, dan jumlah korban terbanyak dalam satu hari,” ujar peneliti senior Urusan Israel di Institut Timur Tengah, Nimrod Goren, seperti dikutip dari Al Arabiya, Selasa (10/10/2023).

Serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini menimbulkan pertanyaan mengenai mengapa keamanan perbatasan Israel yang canggih gagal menghentikan militan Hamas.

“Ada kemarahan dan kebingungan di Israel mengenai serangan itu – bagaimana hal itu tidak diperkirakan sebelumnya, dan bagaimana hal itu tidak dihentikan lebih awal,” kata Goren

“Ada juga kemarahan terhadap pemerintahan Netanyahu, yang gagal melindungi warganya dan tidak fokus sepanjang tahun untuk memajukan kepentingan nasional Israel yang sebenarnya. Namun saat ini, fokusnya adalah meminimalkan kerusakan, membantu mereka yang membutuhkan, mencari cara untuk melepaskan para tawanan, dan memberikan bantuan,” ia menambahkan.

Pada hari Minggu, kelompok militan Syiah Lebanon, Hizbullah, mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap situs-situs Israel di Peternakan Shebaa – yang dianggap oleh Lebanon sebagai wilayah yang diduduki oleh Israel – dengan menggunakan rudal dan artileri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2086 seconds (0.1#10.140)